12.17.2009

Perilaku Menyimpang


Assalamu’alaikum wr.wb…
Gw update lagi neh, hehehe. Gapapa kan?! Siiipp…



Besok Udah tahun baru 1 Muharam 1431 H. Sebelum lupa, gw pengen ngucapin Selamat tahun baru Islam 1 Muharam 1431 H ya… semoga di tahun baru ini semua tingkah2 buruk yang disengaja maupun yang tidak disengaja, yang pernah dilakuin di tahun sebelumnya, bisa diubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Amin… Amin... ya Rabbal Alamin...






Ngomong-ngomong tingkah laku buruk, sama ga sih artinya sama perilaku menyimpang?
Soalnya di buku kuliah gw Perkembangan Peserta Didik, tingkah laku yang buruk disebut dengan perilaku menyimpang.

Well, masuk ke topik.
Perilaku menyimpang ternyata digolongkan ke dalam dua golongan --> ini menurut Gunarsa (1986).

  1. Penyimpangan tingkah laku yang bersifat moral dan asocial yang tidak diatur dalam undang-undang sehingga tidak dapat digolongkan ke dalam pelanggaran hukum. Contohnya adalah berbohong, membolos, kabur atau minggat dari rumah, membaca buku porno, berpesta pora semalam suntuk, berpakaian tidak pantas, dan minum-minuman keras.

  2. Penyimpangan tingkah laku yang bersifat melanggar hukum dengan penyelesaian sesuai dengan undang-undang dan hukum, yang biasanya disebut dengan kenakalan remaja (delinquency). Misalnya berjudi, membunuh, memperkosa dan mencuri. Astaghfirullah, serem ya yang ini… >,< na’udzubillah min dzalik….

Ternyata penyimpangan yang sering dilakukan oleh Anak Indonesia dalam kategori remaja antara lain :

a. Suka bolos / cabut sebelum pelajaran berakhir
b. Suka berbohong kepada guru, orang tua, dan orang lain
c. Suka berkelahi atau mengganggu temannya yang sedang belajar
d. Suka merusak fasilitas sekolah dll
e. Suka curi perhatian yang aneh-aneh
f. Ugal-ugalan, kebut-kebutan (hahaha, ini gw sering)

Nah, dari sedikit penjelasan di atas, siapa yang masih sering gitu??? Hayoo…. :))
gw jadi sadar kalau masih banyak kesalahan-kesalahan yang gw lakuin di tahun-tahun belakangan. Hiks. Semoga di tahun baru Islam ini, gw bisa memperbaiki semuanya jadi lebih baik, amin.. begitu juga sama readers, semoga jadi insan yang lebih baik dan berguna bagi nusa dan bangsa, amiiiin….

28 komentar:

  1. bukan munafik ane gan.
    tapi sebagai remaja, yang sering aku lakuin hanya yang E.
    hehehhe :D

    kalo A-D dan F itu ganggu orang lain. hehehe

    BalasHapus
  2. ngomong-ngomong tentang perilaku menyimpang, sepertinya ada beberapa point di perilaku menyimpang yang bersifat moral/ asosial yang tidak dapat digolongkan lagi ke dalam kategori tersebut, misalnya saja: berpakaian tidak pantas. Kan udah ada UU Pornografi, jadi bisa diadili secara hukum dong.. iya gak sih? hehe, sotoy deh gw..

    berbohong itu, bisa dikategorikan juga sebagai perilaku menyimpang yg melanggar hukum lho.. contoh nih: berbohong, dengan melakukan kegiatan korupsi, sehingga merugikan keuangan negara hehe..

    well,selamat tahun baru!! I have already forgiven you, even you haven't said nothing. brothers supposed to be like that :). forgive me too, ya!

    ok, point f: jangan suka kebut-kebutan lagi >,<

    BalasHapus
  3. Emang ada apa sih dgn tahun bru islam? Kok ak lupa2 ingat yah!!

    Prilaku menyimpang ku ga da d daftar. Krna Ak suka ngambil jajan org lain. Trutma pnya ade ku. Bgi coklatx nah dek. Blablabla

    BalasHapus
  4. ok. gw pelaku point A,D,E dan F!! aaaaaaaaaaaa... #loncatkekolam

    BalasHapus
  5. Nyepam ketiganya :) baca kemudian...

    BalasHapus
  6. jiahahaha... telat deh, bukan ketiga tapi ke lima :P baca dulu yah? gpp khan nyepam?

    BalasHapus
  7. Amin, Allahumma amin... mbak juga dulu sering mbolos kok :)

    Fer, Insya Allah, mbak Ke Padangnya hari rabu. lusa langsung ke bukittinggi.

    BalasHapus
  8. Tebak: perilaku menyimpang apa yang dilarang Tuhan tapi dibenci setan?


    -tau ga?-



    -nyerah?-



    Jawabannya: merkosa anak setan. karena merkosa itu dilarang, dan siapa juga sih yg suka anaknya diperkosa (termasuk setan)

    #apasih gw nih?

    BalasHapus
  9. @andie = terlihat dari sikapmu, anak muda... hihihihi :P Aku juga seh...

    @masCep = komen my big bro ini aku kukuhkan sebagai komen terbaik di postingan ini, halah. Suka saya soalnya. hihihi

    @Ivan_mobii = bwahahahaha, itu ga menyimpang kali van, cuma melenceng..... haks. :P :P

    @mira = hehehehe, gw dulu juga suka coret2 dinding sekolah SMP-SMA, bikin tanda tangan gitu di mana-mana...

    @mbak Anaz = boleh, silahkan nyepam... :)
    oke, ke padang kan?! nginap dmn? ntr kita kopdar yaaa... ;)

    BalasHapus
  10. @LeBay = goookiiill..... baca dua kali gw baru ngerti... hahahaha

    BalasHapus
  11. B dan E, xixixixi... =D *malu deh gue*

    BalasHapus
  12. uhm..

    jawabannya E.

    kalo kentut sembarangan ada di list, kayaknya aku juga iya fer :p

    BalasHapus
  13. darah muda, darahnya para remaja... hehehehehehe... jadi inget lagu bang oma... menurut saya sih masih sah sah aja.. selama masih didalam batas kewajaran yang layaknya dilakukan anak2 seusia mereka....

    BalasHapus
  14. Ferdi selamat tahun baru Islam, semoga tahun depan lebih baik.
    Salam, urang awak juo.
    ALRIS

    BalasHapus
  15. dulu, aku juga sering tuh yg bagian f hihihi

    BalasHapus
  16. kalo saya yg bagian a. heheheh dasar suka ngebolos..

    BalasHapus
  17. saya masih remaja nggak ya? hihihihi....
    yang jelas saya anak baik-baik kok, bukan anak yg suka membolos XD

    BalasHapus
  18. ada award buat kamu Fer,,
    liat di
    http://yunna-mylifediary.blogspot.com/2009/12/hujan-hujan.html

    BalasHapus
  19. O gitu, sayangnya aku bukan anak remaja, Fer.. gimana dounk?
    hihihi.. sok tua!

    BalasHapus
  20. Slamat Tahun Baru Islam..

    BalasHapus
  21. inyong udah ngga remaja lagi jadi penyimpangannya lain

    BalasHapus
  22. untung udlu pas diSMA gak pernah bolos hehehe
    cuma pas di kuliahan sering banget bolos
    oya selmat tahun baru hijriah jug aya hehhe

    BalasHapus
  23. sebenernya perilaku menyimpang banyak faktor pendorong dan penariknya. dorongan akan eksistensi dan pengakuan di kalangan peer, idolisme, arus informasi yang terlalu pesat dan tidak terfilter, serta nilai-nilai yang mulai loose di masyarakat. alangkah bagusnya kalo kita bisa menjaga diri dari perilaku menyimpang dan menjadi contoh bagi temen2 kita. bersyukurlah bagi yang hidup di tengah2 keluarga yang fungsional dan masyarakat yang memegang nilai.

    btw, klo kayak andie gitu termasuk perilaku menyimpang juga kan?


    salam, ferfau.

    BalasHapus
  24. diantara semua perilaku menyimpang remaja murid2ku masuk kategori itu semua hehehhe..

    untungnya ga parah2 amat.. dasar indonesia ya.. apa2 pake untung heheheheh

    BalasHapus
  25. wah, ane pasti cari perhatian yang agak aneh biar dapet uang saku :P

    BalasHapus
  26. hihi.. aku masih suka ngambil jatah bolos kuliah tuh fer hahahahahhaha

    BalasHapus
  27. @mbak nindy = hahaha, aku kadang2 juga... kalau dosenny ga asyik aja sih.

    @firyan = saya juga euy.. biar uang sakunya nambah terus.. hihihi

    @kak ega = iya ya, kak... semoga bisa diubah deh klw udh ga remaja lagi... hhehehe

    @nisan kubur = keren bgt komen masmul, aku sampai berulang2 bacanya, ga bosen... ^_^ salam juga masmul... frxoxo

    @aaSlamDunk = hahahha, kuliah klw bolos paling absen doank yang berkurang jatahnya, jd bawa nyantai aja selagi ga bikin dosen sadar. haks

    @cerita tugu = gyahahahaha, trus skrg penyimpangan apa donk... hehhe

    @mbak Gek = iya deh, aku mengakui klw mbak tua... #kabuuuurrr...

    @Yunna = iya, makasiiihh awardnyaaa... senangnya...

    @mbak Clara = wah, berarti aku hrs bisa kayak mbak donk, jadi anak yang baik2, dan berbakti pada orang tua, amiiin... :)

    @penulis pinggiran = ihihihihi, gpp.. sama dikit2 kita...

    @ivan kavalera = hahaha, itu dulu, sekarang gmn, mas?

    @Alris = selamat tahun baru juga,,, urang awak kah? ke blog uda aaah...

    @rangga = darah muda... like this!

    @wandy.popok = wkwkwkwkwk, dasar massipopok aneh. #kabur

    @zippy = hahahaha,, nyantai aja lagi, bro... ;)

    BalasHapus
  28. selamat tahun baru hijriyah sobat.....semoga kita bisa lebih baik lagi di tahun ini amin.....

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...