12.17.2009

Cendolnya, gan...


Panas-panas gini enaknya minum cendol ya, readers. Tapi sayang gw masih batuk, udah seminggu neh, ada yang tau ga obat batuk yang ampuh sekali minum langsung sembuh? hahaha... ga ada kali ye... :P
Tapi demi tercapainya hasrat ingin minum cendol, gw korbanin batuk gw, hahahaha. Tau sendiri lah readers gmn enaknya minum cendol panas-panas gini. Pas banget tukang cendol lewat depan rumah gw, asyiiiikk...
batuk? lupa tuh...
#ntar baru kapok abis minum cendol batuknya makin parah. haahahaha.

iseng-iseng nyari arti istilah di wikipedia, ternyata ada. ini dia...
Cendol merupakan minuman khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, disajikan dengan es parut serta gula merah cair dan santan. Rasa minuman ini manis dan gurih. Di daerah Sunda minuman ini dikenal dengan nama cendol sedangkan di Jawa Tengah dikenal dengan nama es dawet.
Tepung beras diolah dengan diberi pewarna berwarna hijau dan di cetak melalui saringan khusus, sehingga berbentuk buliran. Pewarna yang digunakan awalnya adalah pewarna alami dari daun pandan, namun saat ini telah digunakan pewarna makanan buatan. Di Sunda cendol dibuat dengan cara mengayak kukusan tepung beras yang diwarnai dengan daun suji dengan ayakan sehingga diperoleh bentuk bulat lonjong yang lancip di ujungnya. Di Sunda minum cendol disebut nyendol.
Minuman ini biasanya disajikan sebagai pencuci mulut atau sebagai makanan selingan. Sesuai disajikan di siang hari.


nah, karena cendol itu adalah makanan khas Indonesia, maka kita sebagai Anak Indonesia wajib tau apa itu cendol, plus pernah ngerasain enaknya cendol itu.
readers udh pada pernah nyobain kaaaannn... gw yakin semuanya pernah. :D

Gw punya keinginan kalau seandainya gw di masa depan kuliah di luar negri, gw bakal kenalin cendol yang nikmat ini ke orang-orang luar sana, biar mereka tau betapa banyak makanan enak yg berasal dari Indonesia, salah satunya ya cendol ini.
Wahai pemerintah Indonesia, udah dikukuhkan kan cendol ini asli Indonesia? jangan sampai negara lain nge-klaim cendol ini! Hidup Indonesia! Hidup makanan enak Indonesia! haha :D

nb : sambil bikin postingan ini gw beneran minum cendol lho, suer! Pengen gw foto sih, tapi penampilan gw sdg kacau, kan ga lucu kalau cendolnya lebih keren dr gw, wkwkwkwk. Peace readers!

36 komentar:

  1. baru mulai membaca :) bentar yaa fer.

    BalasHapus
  2. cendol itu kaya apa yaa? #ahem oke saya kayanya blum pernah makan ato minum itu fer. bagi-bagilah ikikiii :) kayanya enak yaaa ;p

    BalasHapus
  3. duh, jadi ngiler nih.

    Fer, boleh kok posting ttg barang2 kesayanganmu.

    BalasHapus
  4. lah. yang buat kontes malah nyepam. #halah --- aku sih lebih suka sop buah yang gratis gan. #halah #digampar

    BalasHapus
  5. Ak suka cendol gan. Asik manis2 gurih! Kpn yah ak makan it lg...

    BalasHapus
  6. mau cendol donggggggggggggg...... #kelaparan



    #nyiapinblog

    BalasHapus
  7. @ataaaa = jiaaaa... buruan sana beli cendol. atau aku beliin cendol mau?? aku suapin mau ya??? cieee... so sweet...

    @mbak Fanny = bolehkah?? makasiihhh.... senang aku dikasi ijin... :)

    @Andie = iihh sookkk... #gampar. hahahaha.... si Ata nyepam, knp ko ndk nyepam? boleh kok. ayolah nyepam... hahahaha... #menantang.

    @Ivan_mobii = kapan terakhir makan itu? di sana namanya cendol juga kan?! ajiib bgt daaah....

    @nisankubur = #lemparcendol (tumpah ga tanggung)

    BalasHapus
  8. sayang disini gak ada yang jual cendol... huhuhhu... kalo di jawatimur enak, makan rujak cingur sambil minumnya es cendol... hohohohohohoho

    BalasHapus
  9. soal kuliah ke luar negeri: amiin, I always pray and hope you get what you always wish for :)
    soal penampilan acak-acakan: bukannya biasanya juga gitu yak :D peacee...

    bagi cendolnya, dong, Gan! #halah

    BalasHapus
  10. @ivan_mobii = sayang sekali, cuma beda semenit... hihihihi... kamu yang tabah ya, van.. halah #lebay. #memelukivan

    @Rangga = ajib bgt tuh, bro! mau dooonkkk.... :))

    @masCep = amiiin... makasih doanya, my big bro... senangnyaaa... aku acak2an tp ttp cakep kok aslinya, hheheheu... neh cendolnya #lemparcendolsekarung halah

    BalasHapus
  11. Pesen cendolnya 2 gelas bang...! jangan pake laler, jangan pake lama..!! he..he

    BalasHapus
  12. langsung praktik dengan suka minum cendol wkwkwkw

    BalasHapus
  13. Mampir mau minta cendol campur es hehehe

    BalasHapus
  14. Setelah minum cendol, tokk ngopi di tempatku ya hehhe

    BalasHapus
  15. Wah..cendol memang enak, apa lg suasana panas2 siang hari ini, duh..mantap..he..he..

    BalasHapus
  16. cendal2 1000 1 gelas...haa...haa.....

    mang cendol sangat enak apalagi suasana panas gini...

    BalasHapus
  17. @noor = enak aj pake laler, :)) neh ak kasi batu2.gyahaha.

    @mocca_chi = hyahaha...iya. Suka bgt gt deh..

    @ivan kavalera = boleh... Semangk0k cuma 6rb, hihi...

    @kedai kopi = ihihi...boleh gratis kaaann... Yuk maree...

    @ dinoe = ajib bgt, br0... Ngiler lg deh ak.. Haha

    @rizal = yoyoi... Bkin gerah ilang. Dahaga pun lenyap. Ajiegilee... Haha

    BalasHapus
  18. cendol sama dawet, bedanya apa? :)

    BalasHapus
  19. busyeeettt..... aq juga pengen, tapi aq bener2 flu parah niy.... kalau aq minum cendol apa fluku bisa sembuh yak..... hmmm

    BalasHapus
  20. jiahahahah~
    ogut nggak gitu suka cendol...
    tapi kalo obat buat batuk yg cepet, ogut ada nanem obat di rumah,,,hehehe, jeruk kecil" itu ada triknya biar bisa buat obat batuk...katanya sih manjur buat obat

    BalasHapus
  21. iya..
    cendol sama dawet bedanya apa fer?
    #hayah

    BalasHapus
  22. Cendol ada lagi di Aussie, hehehe.. soalnya, banyak komunitas org dari penjuru dunia di sini. :)
    Coba jualan ke amrik, Gan!

    BalasHapus
  23. Jangan sampe di klaim Malaysia lagi aja
    wah gawat urusannya nanti
    cendol is my fave

    BalasHapus
  24. kurang suka cendol, lebih suka es pisang ijoo.. hayo kesini, ntar gw traktir es pisang ijo mamanya febi!! makanan enak Indonesia juga tuh!! asli sulawesi!! #halah :D

    BalasHapus
  25. mau dong es condol.. campur cincau ^^v hehe

    BalasHapus
  26. aku bisa nebak, pasti gantengan cendolnya ama yang minum, wikikiki...

    BalasHapus
  27. cendol enak... bubur sum2 juga enak... kolak biji salak juga enak... jengkok juga enak...
    pokoknya semua makanan indonesia enak2 deh ^^

    BalasHapus
  28. @mbak Sari = beda namanya,, lebih unik Cendol , gyahahaha,,,

    @vie_three = dicoba deh, mbak... batuk aku belum sembuh tapinya setelah minum cendol td, hehehe... #peace, mbak!

    @mbak Clara = jeruk2 kecil kayak gmn tuh? jeruk purut gt kah?! yg kulitnya mengkerut2 itu yah?!

    @wandy.popok = halah, bedanya di nama aja kali, bang... berati bisa diganti klw lagi ngaskus jadi Dawetnya donk, gan... gyahahaha. :))

    @mbak Gek = hoya? hoya? di aussie ada?? yg bikin orang indonesia?? hebat donk! jd pengen kenalan sama orang itu...

    @learning on perspective = iyah! benar! ayo kita lindungi harta warisan Indonesia! #membara

    @mira = aku akan tagih janjimu itu, ciripa! lihat saja! #berkacakpinggang

    @mbak Nindy = waahaahaaha, mau bgt aku tuh klw dicampur cincau... hhmmm...

    @mbak Inuel = salah, gantengan aku donk,,, weee... :P tanyain deh sama cendolnya....

    @mbak Quinie = ajiiiibbb...... btw, jengkok apaan, mbak?? jengkol maksudnya?? bwahahahaha

    BalasHapus
  29. Masih ada gak bro tu cendol? Xixixi...
    Oh..ya, mulai pada ketularan narsis, hahaha...

    BalasHapus
  30. Fer, kalau di Malayisa gak usah dikenalin deh. Khan disono juga banyak. Tapi, ada perbedaannya. Itulah susahnya, kadang mbak keder, dari mana hendak kemana asal makanannya? :(

    BalasHapus
  31. kalo batuk mending minum cincau Fer! obat panas dalem tuh, ngelegain tenggorokan.

    tapi bukan cincau laura lah yaw

    #apasih gw nih?

    BalasHapus
  32. @zippy = udh abis bro... besok deh tanya lagi... hihihi.. narsis mah tetep... haks.

    @mbak Anaz = iya, aku udh yakin aja, pasti udh pada kenal deh Malaysia sama cendol... enak ga mbak cendol di sana??? bagi dooonk.... hehehehe. #becanda

    @MasLeBay = bwahahaha... aku ga suka cincau laura, beceg ga ada ojeg seh dia... btw, makasih sarannya, gan! #kasihpelukan

    BalasHapus
  33. sebenarnya pernah ke forum apa, katanya cendol udah diklaim negeri lain...

    BalasHapus
  34. @firyan = tapi sejatinya cendol punya Indonesia, bro...

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...