9.04.2010

Sang Idola


Sesungguhnya pada diri Rasulullah itu terdapat suri tauladan bagi kamu, (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari akhir dan yang banyak menyebut Allah (dzikir).
(Al Ahzab: 21)

Dalam firman Allah SWT di atas kita sebagai umat Islam mempunyai tokoh yang harus senantiasa kita teladani yaitu Rasulullah SAW. Jika kita selalu meneladani dan mengidolakan Rasulullah SAW insyaAllah kita termasuk orang yang sukses dan selamat dunia akhiratnya. Karena sungguh tiada seorang pun yang mampu menandingi kelebihan beliau.

a. Wajah
Wajah beliau selalu ceria, jernih, menyenangkan siapapun yang menatapnya, pandangan yang terpelihara dari hal yang maksiat dari yang bukan mahromnya, senyum tulus yang selalu terpancar dari wajahnya membuat siapapun merasa aman dan tenteram serta menularkan semangat hidup. Beliau selalu berusaha menjadi orang yang paling awal dalam berbuat kebaikan beliau bersabda:
“Jangan sekali-kali kamu meremehkan kebaikan meskipun berupa keceriaan wajah ketika bertemu dengan saudaramu.” (HR. Muslim)

b. Berbicara
Pembicaraan beliau sangat fasih, jelas tidak bertele-tele, terpelihara dari perkataan sia-sia. Pembicaraannya selalu tepat dengan situasi dan kondisi, sarat dengan hikmah dan makna, teruntai dengan indah dan mengesankan. Setiap orang merasakan kandungan manfaat yang mendalam dari setiap ucapannya.

c. Ketawadhuannya
Beliau sama sekali tidak tersentuh kesombongan sekecil apapun, bahkan pesona ketawadhuannya semakin mengokohkan kemuliaannya. Beliau tak menginginkan orang lain berdiri untuk menyambut kedatangannya seperti yang dilakukan para pejabat atau raja-raja pada umumnya, beliau duduk dimana saja tidak menginginkan tempat yang diistimewakan.

d. Keberaniannya
Beliau adalah sosok yang memiliki patriotisme yang luar biasa. Di dalam pertempuran beliau tidak mengenal takut dalam situasi tersulit, pantang mundur, tidak menghindar walau situasi mengancam. Ali berkata, “jika kami dikepung ketakutan dan bahaya maka kami berlindung kepada Rasulullah SAW. Tak seorang pun yang lebih dekat jarak dengan musuh selain dia.”

e. Kedermawanannya
Ibnu Abbas berkata, “Nabi SAW adalah orang yang paling murah hati. Beliau benar-benar murah hati untuk hal-hal yang baik lebih dari pada angin yang berhembus. Jabir berkata tidak pernah beliau diminta sesuatu lalu menjawab tidak.”

f. Sifat-sifat lainnya
Beliau adalah orang yang paling aktif memenuhi janjinya, paling dapat dipegang segala ucapannya. Penyambung tali silaturrahim, paling penyayang dan bersikap lemah lembut kepada orang lain, paling bagus pergaulannya .Beliau tersenyum jikalau ada sesuatu yang membuat para sahabat tersenyum. Beliau kagum terhadap sesuatu yang membuat para sahabat merasa kagum . Sabar menghadapi kekerasan orang lain. Bijaksana dalam menanggapi kekasaran perkataan orang lain.

Itulah sedikit gambaran tentang panutan kita seutuhnya. Idola kita sesungguhnya, Rasulullah SAW. Beliau merupakan uswatun khasanah. Tekankan lagi dirimu sendiri sebagai seorang muslim yang berusaha meneladani sifat-sifat dan kemuliaan Rasulullah SAW yang juga kita nantikan safa’atnya di Yaumul Qiyamah. Semoga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang memperoleh safa’atnya. Amin.


dapat artikel bagus ini dar mbak Mita, waktu itu lagi chat via YM sama dia, membahas soal bulan Ramadhan dan yg lagi ngetren di twitter, hahaha... silahkan mampir jg ke blognya di : http://fryedenau.blogspot.com

9.03.2010

Bertemu dengan Keragaman

Welcome back, Ferdi. Sempat secara sengaja nyuekin blog ini lagi gara-gara satu hal, yaitu MALAS, ah bukan hal baru buat saya menghadapi rasa malas yang berlebihan jika mau posting sesuatu. Tapi secara bulan baru, semangat harus baru juga donk! kan udah beli baju baru buat Lebaran, hahaha *apa maksud?*

Beberapa hari lalu, hari Sabtu 28 Agustus 2010, saya ikut Blogshop Pesta Blogger yang secara kebetulan banget ada di Padang, kebetulan lagi diadainnya di kampus saya UNP Padang, haha, ya ikutlah... rugi donk, karena bisa ketemu sama blogger-blogger dan orang-orang yang hebat!

Yang ngasi tau saya kalau ada acara keren ini adalah Rian, teman blogger yang juga teman ngetweet yang juga anak Padang yang juga teman kopdar, halah. Blogwalking ke blog dia terus baca postingan tentang Blogshop di kampus saya, otomatis girang lah saya karena baru kali ini ada di Padang, hahaha, kan selama ini event-event yg berbau blog biasanya diadain di Jakarta, kalau ga ya di Bandung atw apa gitu *sotoy

Kenalin ini yg namanya Rian :P . Dia ternyata jadi panitia yang berasal dari komunitas blogger Padang, Palanta. Ah, pantas aja dia tau informasi cepat gitu hehehe. Tapi kalau ga menyempatkan diri blogwalking ke blog dia, hmmm... ga bakal ikutan deh saya. Liat dia yang pegang kamera, huh, songong banget lu, yan... hahaha. Doski itu jadi juru foto, motoin kegiatan-kegiatan apa aja yg dilakukan oleh peserta blogshop itu, saya jamin di foto2 itu pasti ada saya, haha, narsis getooh...
Eh bicara-bicara, halah, saya mau donk baju itu... wwkwkwkwk, ada tulisan Merayakan Keragaman, "tema tahun ini bagus" pikir saya dalam hati.

Ngomong-ngomong soal keragaman, saya jadi ingat Bhineka Tunggal Ika, berbeda-beda namun tetap satu jua :) . 100 deh buat yg ciptain tema Pesta Blogger kali ini, siapa sih? pengen kenal... :D Secara namanya juga pesta blogger dan mengundang seluruh blogger yang ada di tanah air, tepat banget kan tema yang dipakai. Kalau misalnya saya ikut ke ajang bergengsi itu akhir Oktober besok ini, pasti bakal banyak dapat kenalan baru yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.

Eh tunggu, ada sesuatu hal yang pengen saya tanyakan, kenapa blogger-blogger yang saya temui waktu blogshop kemaren adalah rata-rata penulis buku, dan aktivis internet?? Saya sempat minder lagi waktu dengar percakapan antara mbak Rara dan mbak Indah Julianti dengan orang di samping saya, kalau mau nulis buku dan pengen diterbitkan ituh harus butuh kesabaran level tinggi, soalnya mereka udh pernah diterbitkan tulisannya. Heeuu, saya ngomong dalam hati "gue ngeblog kok ga ada niatan pengen nerbitin buku atau apalah ya? wkwkwk"

Oke, beranjak dari paragraf sebelum ini, haha, makin ribet deh :P . Keragaman di blogshop yg saya hadiri kemarin juga banyak, antara lain nih ya, ada yang udh jadi dosen, guru, mahasiswa, ada juga yg berasal dari luar Padang kayak dari kota Solok, dll. Tapi ya gitu deh, masih malu-malu jadi ga semuanya kenal dan bisa saling ngobrol satu sama lain. Tapi saya dapat bicara langsung sama pak Riwayat yang udh lama kita saling komen-komenan di blog. haha, halo Pak, apa kabar?!

Lanjut! abis dari blogshop yg berakhir sekitar jam 15:00, peserta diundang ke acara buka bersama Palanta (komunitas blogger Sumbar) bersama panitia2 blogshop. Nah, saya pikir cuman yang hadir di blogshop tadi aja, eh taunya rame banget! ada beragam komunitas yg ikut, kayak Koproler, kaskuser, facebooker, multiply-er, blogger (so pasti), sama wartawan remaja dari inioke.com . Bener2 penuh Lubuk Idai yang jadi tempat berbuka bersama kami waktu itu. Dan, yaaa.... ketemu orang-orang baru lagi... asyiik!



Seperti makanan pembuka puasa yg ini, beragam makanan tersaji dengan apik! yeah! Onde-onde jadi incaran saya, haha... Banyak makanan, semua enak dan semua alhamdulilla abis dilahap oleh para peserta buka puasa bersama :)) . Itu jus jeruk bukan punya saya dua-duanya, maunya sih haha, itu punya anak sebelah saya, aduh lupa namanya, peace!

Sebelum pulang, saya sempatkan dulu berfoto dengan beberapa panitia blogshop Pesta Blogger 2010. Bener2 acara yang sukses! selamat kepada bang Bearnuts yg terpilih jadi ketua Palanta tahun ini. sopiler : yg paling kanan berkacamata :D.
Serius, bener2 kena' banget deh sama tema Pesta Blogger tahun ini "Merayakan Keragaman", sesuatu yang berbeda akan menjadi indah jika kita merayakannya dengan cara yang baik dan benar apalagi mendatangkan manfaat bagi kita sendiri dan orang banyak. Seperti makanan yg beragam yg disajikan pada buka puasa bersama ituh, enak2 semua tapi ga boleh dihabiskan sendiri, harus berbagi dengan yang berhak. hehehe (nyambung ga? dinyambung-nyambungin aja ya, haha).

Dan menggunakan kata "pesta" pada Pesta blogger, TIDAK berarti hura-hura. Karena di Pesta Blogger kita bisa bertukar informasi dan bertatap muka dengan sesama blogger yg belum pernah ketemu, bahkan bisa menciptakan suatu hubungan kekerabatan yang indah. Mari merayakan keragaman dengan hal positif! saya dukung Pesta Blogger! Baiklah, di ujung postingan ini, harapan saya adalah : bisa ikutan Pesta Blogger 2010 di Jakarta. :D amiiiin....