6.26.2012

Sunatan Massal

Yeeeiyy!!! Liburan!!! Pasti seneng banget deh kalau udah ngerasain yang namanya liburan. Apalagi anak-anak SD yang girang karena udah libur sekolah. Jadi ingat waktu masih SD dulu, yang dalam bayangan adalah ga usah bangun pagi terus bisa nonton film kartun di TV sepuasnya. Atau pergi ke luar kota tempat sanak saudara yang udah lama ga dikunjungi. Itu semua beneran paling ditunggu-tunggu kalau udah libur sekolah. Saya yakin, semua teman-teman dulu juga ngerasain hal yang sama. :D

Eh tapi, liburan sekolah paling spesial adalah waktu liburan panjang yang diisi dengan nongkrong di rumah, di kasur seharian, apa yang diminta pasti dikabulkan orang tua, tidak lain dan tidak bukan adalah masa-masa penyembuhan setelah disunat. HAHAHAHA. Bener kan? Bener donk! *nanya ke teman-teman yang pernah disunat*

Jadi dulu, saya disunat ga pake panggil-panggil dokter ke rumah, tapi langsung datang ke rumah sakit dan ikut antrian dengan anak-anak seusia saya lainnya. Dulu kebetulan rumah sakit di dekat rumah lagi ngadain sunatan massal. Ada suatu kebanggaan rasanya kalau sunat di rumah sakit apalagi sunatan massal yang rame dengan anak sebaya karena bisa termasuk ke dalam anak pemberani yang ga cengeng minta dipanggil dokter ke rumah. "Eh si Alan sunatnya panggil dokter ke rumah, penakut"  Hahaha, jaman SD sih soalnya, kan saling pamer dan ejek. :P


Sabtu kemarin (23 Juni 2012), rumah sakit tempat saya ikutan sunat massal dulu kembali lagi ngadain event yang sama, saya jadi flashback deh gimana rasanya dibius sebelum mulai proses pemotongan itu, bagaimana lamanya proses itu berlangsung, dan bagaimana rasa perihnya saat buang air kecil pertama hahaha. Uppss... Jadi nakut-nakutin ya? Maaf ya adik-adik... :D 

Gambar diambil dari: http://www.lazyaumil.org/cetak.php?id=45
Ngomong-ngomong soal sunatan alias khitanan massal, apalagi di Indonesia, adalah acara Paling Indonesia yang ditunggu-tunggu sama anak-anak yang akan memasuki usia akil baligh, kenapa? kebanyakan karena si anak bakal dapat hadiah setelah disunat, kayak baju atau uang saku yang lumayan lah untuk anak-anak, cukuplah jadi "obat mujarab". Rasanya di setiap kota di Indonesia pasti memiliki ciri khas berbeda dalam mendesain sedemikian rupa acara sunatan massal agar anak-anak yang ikut ga takut dan parno.

Gambar diambil dari: http://www.lazyaumil.org/cetak.php?id=45
Ga bisa dipungkiri, banyak manfaat kalau kita disunat, hasil riset menyatakan (dari situs http://www.khitanan-senomedika.com/index.php/artikel/64-khitanan-massal):
- mencegah infeksi pada saluran (maaf) kencing
- mencegah terjadinya kanker pada kelamin anak
- laki-laki yang tidak disunat/dikhitan terkena resiko penyakit kelamin tiga kali lebih tinggi dibanding yang dikhitan, dll

Jadi, adik-adik yang mau sunat/khitan, jangan takut, sakit sih tapi dikit kok, apalagi kalau ga nakal, lebih cepat sembuh dan keringnya lhooo... Seriusaaann... XD