7.15.2009

Tentang Malam di Pekan Budaya Sumatera Barat part. I

Langsung ke topik!

Tertarik sama budaya minangkabau? gw langsung pergi ke Taman Budaya Padang.
bela-belain dua kali ke sana.
hari pertama : menghasilkan byk foto narsis, tapi masih di hapenya Reyhan, ntar deh gw minta foto2nya, dan gue pajang di part II.

hari kedua : menghasilkan kenikmatan batin yg tiada taranya, setelah melihat seni tradisional minangkabau yg bernama Randai.

udh tau randai???

Randai dalam sejarah Minangkabau memiliki sejarah yang lumayan panjang. Konon kabarnya ia sempat dimainkan oleh masyarakat Pariangan Padang Panjang ketika mesyarakat tersebut berhasil menangkap rusa yang keluar dari laut. Randai dalam masyarakat Minangkabau adalah suatu kesenian yang dimainkan oleh beberapa orang dalam artian berkelompok atau beregu, dimana dalam randai ini ada cerita yang dibawakan, seperti cerita Cindua Mato, Malin Deman, Anggun Nan Tongga, dan cerita rakyat lainnya. Randai ini bertujuan untuk menghibur masyarakat biasanya diadakan pada saat pesta rakyat atau pada hari raya Idul Fitri.

Randai ini dimainkan oleh pemeran utama yang akan bertugas menyampaikan cerita, pemeran utama ini bisa berjumlah satu orang, dua orang, tiga orang atau lebih tergantung dari cerita yang dibawakan, dan dalam membawakan atau memerankannya pemeran utama dilingkari oleh anggota-anggota lain yang bertujuan untuk menyemarakkan berlansungnya acara tersebut. (sumber : wikipedia).


*****


Ga puas sm nonton ajah, gw memoto beberapa gerakan dan cerita dr randai tersebut. Neh dia :

videonya :


Itu Randainya orang Payakumbuh. Menurut gue mereka jauh lebih keren drpd Randainya orang Padang Panjang. hohoho... ceritanya itu lho... penuh nasehat dan pituah2 dr niniak mamak. Bangga jd org minang?? ooghh.. Tentu!!

48 komentar:

  1. wah boleh juga tuuuh kapan kapan hunting foto kesana.....

    BalasHapus
  2. @ rangga = hohoho... maen aja ke padang...

    BalasHapus
  3. Akhrx bsa koment. Hihihi

    oh ini toh jawabanx. Aku jd bsa liat brkt t poto... Fr kmu t hoby bgt ma kebudayaan minang? Bukanx kmu lhir d pekanbaru? Tuing tuing

    BalasHapus
  4. kebudayaan yang perlu dilestarikan keberadaannya dan perlu diwariskan kepada kaum muda

    BalasHapus
  5. gw belom pernah nonton randai. itu cerita yg dipentaskan lewat tarian ya?

    BalasHapus
  6. eh eh..taman budaya tu yg dpn pantai tu ya????
    randai t d taluk ada jg lho,dlu pas plkm aq dkelonin pke randai..

    BalasHapus
  7. @ ivan = gini lho... di minang, penentuan suku berdasarkan garis keturunan ibu, van... mamaku asli minang, jd aku dpt suku minang..
    walaupun aku lahir di pekanbaru.. lagian di pekanbaru tu org minang hmpir 50%.

    @ cerita Tugu = bener bgt.. aku belajar randai kok... huehuehue...

    @ mira = iya, jd cerita tu diekspresikan dlm bentuk tarian...

    @ nanoth = makasih udh komen... hakz...
    iya iya.. yg di depan pantai tu.. ppernah ke sana kan?!
    randai di taluk kuantan jg ada? bahasa minang donk....

    BalasHapus
  8. "makasih udh komen"..cah2 imut kamu doth..

    iyo,panek ambo hilia mudiak mncari WC disinan..(capek ah)

    btw bda randai taluk n minang ap y???

    BalasHapus
  9. "makasih udh komen"..cah2 imut kamu doth..

    iyo,panek ambo hilia mudiak mncari WC disinan..(capek ah)

    btw bda randai taluk n minang ap y???

    BalasHapus
  10. @ noth = taluk ne taluk mana dulu? taluak bayua?? (teluk bayur). atau taluak kuantan?? aku jg ga ngerti2 kali..

    BalasHapus
  11. aku juga pernah ke padang, tapi cuma jalan ke pantai sama ke goa jepang doang, itupun udah lama banget, waktu masih kelas 1 sd (wew..sekarang udah 21 thn :D )

    BalasHapus
  12. Aku mau tamasya ke Padang... Katanya bagus banget ya di sana? Huhuhu... Mauuuu

    BalasHapus
  13. sedikit tambahan informasi neh gan!!!

    Randai memang budaya asli orang Minang..
    dulunya semua pemainya Cowok atau sama dengan laki-laki, cos setiap pementasan randai selalu dilakukan malam hari(anak cewek tak boleh kluar malam)

    dan semua pakaian pemainya selalu berwarna ngejreng, agar kelihata.
    kenapa agar kelihatan??

    karna dulunya listrik blom ada, dan pencahayaan dulu dengan obor, dkk..

    nah.. Randai ini lah salah satu hiburan pada zaman dahulu, dan orang pun rela berjalan kaki berkilo-kilo demi menonton Randai..

    Vote Randai Asli dari Minang Kabau...

    Hore Orang Minang

    BalasHapus
  14. Di Jayapura juga ada tuh festival begituan yang baru2 aja digelar, tapi gue'x nggak nonton, hheu...
    Jadi penasaran pengen liat aksinya orang Sumbar langsung nih :D

    BalasHapus
  15. @ mbak Henny = jiaaahh... hahahaha.. masa yg dibilang kelas 1 Sd... cape deh... ke padang lah lagi mbak.. maen2 ke pantai padang...

    @ mbak Ariyanti = oo..iya donk.. bagus sekali... makanya klw ada liburan, pilih ke Padang ajah... hehehe...

    @ Abeck = mantaps Gan!!! by the way, pantas org main randai tu bajunya norak2... hakz..

    @ Zippy = hoya? serius ada di sana??? ah... penasaran juga sama randai versi jayapura...

    BalasHapus
  16. wew..kyaknya randai nih sama dengan drama, bukan begtu fer?????cuma bedanya randai diwarnai dengan aksi tari tarian untuk mengutarakan isi ceritanya.....

    BalasHapus
  17. tertarik sama jeruknya. seger banget tuh.

    BalasHapus
  18. ya memang kita wajib bangga dengan kebudayaan kita sendiri..dan kita wajib melestarikannya supaya kebanggaan kita tidak lekang oleh waktu...cie cie..

    BalasHapus
  19. hehehe...kalo aku disuruh nonton begituan pasti bawaannya males

    BalasHapus
  20. gw dolo pas smp ama sma maenan randai
    hkhkhkhk

    sekarang udah ga inget lg gerakaknnya
    cuma inget lagunya dikit2

    BalasHapus
  21. Duh.. kapan ya aku bisa ke Padang ?
    Pengen jadinya.....

    BalasHapus
  22. @ mbak cerpenis = halah mbak.. itu udh lama kali.. tp tetep seger kaaan... huehuehue...

    @ joni = iyap... anda benar sekali... bedanya lagi memakai bahasa minang yg sangat sulit dimengerti, hakz..hakz..

    @ sigit = hohohoho.. bijak sekali... terimakasih. ^_^

    @ Antaresa = jiaaahhh.... seharusnya penuh gairah donk.. kan belajar soal budaya daerah tu asyik...

    @ sapigenik = oh, pernah mainin randai wkt SMP sama SMP?? gw cuma wkt SMP doank... hikz..hikz.... sekarang udh ga lagi..

    @ mbak Reni = buruan mbak ke Padang... asyik lagi... seru,... ^0^

    BalasHapus
  23. makasih share nya kang... memperkaya wawasan nii :)

    salam hangat :) (ikut2n kangBoed dot kom)

    BalasHapus
  24. eee iy.. maap uda... hehehehe.. maksh uda mampir balik uda :)

    BalasHapus
  25. mantab tuh sob ..
    ditunggu kelanjutannya ...
    sori baru bisa dateng soalnya bnyak PR dri skolah ...
    hehehe ...

    BalasHapus
  26. wow...bagus sekali.Kapan ya ke sana heheh.saya link ya bro

    BalasHapus
  27. mungkin klo di bali, randai identik dnegan sendratari, arja sama drama gong kali ya, ketiganya diiringi gambelan, namun yg nyengi bgt itu sendratari kr pemainnya didubingin dan disertai nyanyian nyanyian...

    bagus lah ferdi mau nuntun, kalau aku, ngg.... ngg.. heeeh, jadi maluu

    BalasHapus
  28. wow..bagus bgt ya kegiatan2 seperti itu..memelihara budaya warisan leluhur dan sekaligus kekayaan Indonesia

    BalasHapus
  29. wah,,jadi pengen kesana nih
    hehehehehe

    BalasHapus
  30. fer aku mau kesana, tapi bayarinnn :D

    BalasHapus
  31. Kang Ferdi mau melestarikan budaya ini ya? Ane dukung deh! hehehe...

    BalasHapus
  32. taman budaya di taplau ini khan
    weh mantap

    BalasHapus
  33. @ genial = salam hangat jg ya.. hehehe.. gitu donk..jgn panggil kang ferdi.. lain gt rasanya...

    @ bayu the maniac = oke.. Insyaallah bentar lagi aku posting baru... hohoho... Yg semangat ya ngerjain PR sekolahnya...

    @ mbak Aishalife = oke mbak.. silahkan di link... ke padang aja.. asik lho.. ^0^

    @ mocca_chi = ngapa? kok malu??? ga suka yg kyk beginian ya?? wkwkwkw///

    @ mel = yoyoi... sekaligus memperkaya wawasan ttg budaya sendiri.

    @ mas Yanuar catur = ke padang aja.. main2 di pantai padangnya,..

    @ feolla a.k.a polar = hakz.. kok jd cewek gini mas??

    @ Ramdhan = makasih atas dukungannya.. saya jd tambah semangat neh.. hakz..

    @ pak Attayaya = iya.. di tambud nama kerennya...

    BalasHapus
  34. jarang2 dapat suguhan acara keren begini....
    jadi nambah ilmu lagi tentang randai... :)

    BalasHapus
  35. Salut 100X... ada generasi muda yang berani mengangkat tema budaya daerah .... dan bangga karenanya..

    BalasHapus
  36. Hai... cuma mau kasih tau nih.., ambil award di tempatku ya ?

    BalasHapus
  37. hohoho.. sayah paling suka postingan2 tentang budaya gini. kalo bukan kita yang melestarikan & bangga, then who else ?

    BalasHapus
  38. @ kak Ega = yoyoi kak.. silahkan...

    @ Ahmad Sutan = iya donk.. masa kita org minang ga bangga sm org minang?? hohohohoo...

    @ mbak Reni = oke, mbak.. tunggu tanggal mainnya.

    @ mbak Quinie = bener bgt... if not us then who else???

    @ sii melyn = ga ada dalang... yg ada pedendang, yg nyanyiin. nt, yg para penari itu ngikutin irama pedendang tersebut.... gitu lho...

    BalasHapus
  39. gw malah baru denger dan baca tentang randai di tulisan ini...maklum tau nya keb.sunda aja

    BalasHapus
  40. selamat malem semua
    selamat malem padang

    BalasHapus
  41. halah.. dikau hebat juga Fer, pemerhati budaya daerah. salut mbak. Gak ramai lho remaja yang kayak githu. Termasuk mbak hehehe... maaf yah, abis jalan2 di dunia nyata jadi, baru singgah deh :)

    BalasHapus
  42. asli lah lamo ndak caliak randai lah

    BalasHapus
  43. @ kha = keb.sunda?? apa aja tu?? posting donk biar aku jg tau...

    @ maseta = berarti bokap pandai main randai donk? hehehe...

    @ pak Attayaya = selamat malam jg pak...

    @ mbak Anazkia = suka aja mbak.. drpd bengong drmh ga tw mw ngapain. mending aku belajar budaya sendiri.. bener kan, mbak?!

    @ da Hendri = ferdi lah lamo juo, pas tau ado festival randai di tambud tu, makonyo niaik bana untuak mancaliaknyo....

    BalasHapus
  44. asik bener dah!!!
    rumahku di provinsi sebelahnya tuh.
    hehe :D
    tetanggaan kita :D

    sekalian,
    ada yang baru di tempatku koment yak!!
    MHUAHAHAHAHAHHAHA (PAKE CAPSLOCK BUKAN SHIFT!)

    BalasHapus
  45. lho,, lukisan ayamnya kok jadi tiga ya??
    hahahahaha

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...