12.25.2009

ATM

Assalamu'alaikum...
Update blog abis hujan asyik juga yah, jadi udaranya segar gimana gitu. Nyaman banget deh buat ngeblog. hehe. Ambil laptop dan nongkrong di ruang tamu, dan dapat feel deh buat ngeblog. halah lebay.

Tadi ada kejadian yang rada mengerikan bagi saya, readers...
Waktu saya mau ke ATM di belakang kantor provider kartu gsm. Di sana sepi banget, emang biasanya sepi sih, tapi biasanya ada satpam dua orang yang jaga di dekat box ATM. hmm.. mungkin karna hari ini libur nasional kali ya, jadi satpamnya juga liburan ,hihihi.
Setau saya satpam ga ada liburnya deh.

Eh, tapi bukan mau bicarain satpamnya. Ini soal keamanan nasabah yang sedang di ATM. Waktu saya baru nyampe di ATM nya, belum turun dari motor, saya dihampiri oleh seorang pria yang lumayan gemuk dan bertampang sadis. Minta uang lima ribu buat makan. Awalnya saya kaget banget tiba2 ada yang manggil saya dari belakang, padahal setau saya di atm itu sepi banget pas saya datang, kenapa tiba2 ada si pria ini? Sumpah saya kaget banget. Karna kaget, saya bilang ga ada uang ke pria itu.

Pria itu agak ga terima kalau saya ga ngasi uang ke dia. Dia mundur beberapa langkah dan berdiri di bawah pohon depan ATM itu sambil liatin saya dengan mata tajam (ini serius lho). Siapa yang ga takut kalau di ATM yang sepi cuma berdua sama orang yang kayaknya bakal melakukan sesuatu. Astaga...

Baru beberapa menit di dalam ATM, firasat saya ga enak. Ga jadi masukin kartu ATM ke mesinnya, saya langsung cabut ke luar dan ambil langkah seribu dari sana. Melihat sekilas ke tampang si pria td, mata yang sangat tajam melirik ke arah saya... OH MY GOD! serem saya... kabur langsung deh saya dr ATM itu.

Kenapa di tempat kecil kayak ATM aja, Anak Indonesia seperti saya bisa merasa tidak aman?? apakah di negara ini ga bisa merasakan aman di mana aja? Seharusnya jadi tanggung jawab siapa sih sebenarnya keamanan itu? kita sendiri atau siapa?!

Kejahatan bukan hanya karna ada niat, tapi juga karna ada kesempatan. Bang Napi selalu bilang gt. Itu bisa kita jadikan prinsip sebagai kewaspadaan kita terhadap kejahatan yang bisa aja terjadi kapanpun dan di manapun.

Apakah kejahatan itu karna kemiskinan dan banyaknya orang-orang yang ga kerja? sedikit banyaknya sih iya. Terdesak karna ga ada uang buat makan, orang yang ga bisa berpikir panjang akan melakukan hal apa aja asal dia bisa makan. Bisa aja ke arah yang jahat-jahat, kayak menculik anak dan minta tebusan ke orang tuanya, dll. Bahkan bisa aja kayak di ATM, terjadi perampokan atau hal-hal sadis lainnya. Na'udzubillah...

Coba seandainya para pejabat yang dulu berkoar-koar menjanjikan lapangan pekerjaan buat yang nganggur, pasti ga bakal ada orang yang berbuat kejahatan mengatasnamakan kemiskinan. Saya paling sebel deh sama pejabat yang lupa (atau sengaja lupa) dengan janji-janjinya itu. huh...

Ya udah deh kalau emang pejabat ga bisa diandalkan, tinggal kita sendiri gmn menanganinya. Tapi batin saya ini terus kepikiran sama "setiap warga negara dijamin keamanannya" <-- maksudnya luas atau saya yang ga ngerti?! huuft... (menghela nafas krn masih merasa ga aman setiap kali ke ATM)

Kalau menurut saya, di setiap ATM harus ada satpam yang jagain. Jadi setiap nasabah bank yang ingin ke ATM di saat-saat sepi orang dan bahkan tengah malam ga takut lagi deh. Ga ada kata libur bagi satpam. (lha, kok balik ke satpam lagi ya? hihihihi)

15 komentar:

  1. wa'alaikumussalam.. hm apa ya? perlu belajar beladiri juga deh di saat kriminalitas merajalela di mana-mana..

    BalasHapus
  2. kata bang Napi Waspadalah-waspadalah kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat pelaku tapi juga ada kesempatan

    BalasHapus
  3. serem juga ya,..untung si bpak2 kga macem2.

    BalasHapus
  4. betul tu ATM harus dijaga,inyong juga ngeri kalau gitu

    BalasHapus
  5. iya fer serem (banged) tuh..

    untung kamu ngga sampe diapa-apain gitu.. untung masih bisa kabur.. hemm... temen kuliahku juga masih pada mo UAS kok... yah aku kan cuti kuliah jadi tinggal tunggu semester depan deh..

    BalasHapus
  6. Bener, satpam mesti ada di setiap Mesin ATM biarpun hari liburan kayak gini.

    Tapi tuh laki, kan mintanya cuman 5 ribu doang!

    BalasHapus
  7. @mascep = bagusnya sih iya, sewa bodyguard. halah kayak presiden aja. hihihihi. sewa bodyguardnya yang pandai bela diri, harus jago karate, harus berbadan besar. #mengkhayal

    @mas Rizal = haa... waspadalah! waspadalah!

    @powerangga = ho'oh... syukurlah... fuhh...

    @cerita tugu = iya, ngeri kan?! huhuhu

    @mbak Anyin = serem banget tau ga sih mbak... (lebai) hihihi.

    @ello = tapi tampang bapak itu kayak ga minta 5 ribu, kayak minta lebih dari itu... makanya serem. hiiiiii....

    BalasHapus
  8. ATM itu tempat duit
    kalo bukan duitnya yang diamanin ya orang yang ambil duitnya..
    satpam sangat perlu

    BalasHapus
  9. tindakan mu sudah tepat dgn tidak jadi mengambil uang di ATM itu sobat

    BalasHapus
  10. Niceshare pak. Ak jrg k ATM. Sebisa mgkn pake uang tunai.

    BalasHapus
  11. klo gitu jadi satpam adalah tugas yang penting! ane saranin jadi satpam aja, gimana? :D

    BalasHapus
  12. kalo lo jadi ngambil duit bakal dirampok mungkin. hiii...

    BalasHapus
  13. Harusnya emang ada satpam tuh di tiap-2 ATM...
    Sudah banyak kan kejadian kejahatan di tempat-2 ATM.
    Ternyata emang rasa aman dan nyaman masih mahal ya..?

    BalasHapus
  14. @itik bali, @mbak Reni, @firyan = setuju! satpam penting di setiap ATM!

    @mbak Senja = iya, udah ga enak perasaan sih aku, mbak.. makanya ikutin perasaan aja saat itu. :)

    @ivan_mobii = ga suka bawa uang banyak, van.... huhuhuhu.

    @mira = hiiii... bisa jadi... takuut ah...

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...