3.02.2010

Keterlambatan di Bulan Maret

Well, I'm back :D
Assalamu'alaikum wr. wb.
How you doing, people?!

Kemarin saya kuliah sama dosen yang rada nyeleneh, obrolannya ga berenti2, tapi bukan obrolan sembarangan, bukan... melainkan tentang keseharian. Beliau memulai percakapan dengan baca salam, dan lanjut dengan nanya apa kabar sama mahasiswanya. Di sini masih belum keliatan aslinya beliau, karena baru pagi biasanya "mesin"nya belum panas, hakz. hakz. Tapi coba aja kalau udh setengah jam pelajaran, baru ketauan deh aslinya bapak itu rada cerewet apalagi kalau udah diskusi.

Tapi kali ini beda, baru sepuluh menit belajar mulai, eh ada yang minta ijin ke belakang, bapak tuh kayaknya lagi ga pengen diganggu saat awal pelajaran. Akhirnya mulai lah beliau nyerocos karena beliau dipotong saat lagi nerangin, (ya iya lah siapa jg yang ga bete kalau diganggu konsentrasinya). Salah orang yang permisi donk, masa baru sepuluh menit pelajaran dimulai, udh kebelet aja, kenapa bukan sebelum pelajaran dimulai aja doski permisi ke belakang, ya kan?! aahaha, tapi mungkin karena kebeletnya baru kerasa kali ya, mau gimana lagi. Serba salah.

Nah, beliau nyerocosnya ga asal nyerocos, tapi dengan bahasa yang keren abis, istilahnya ngasi2 contoh analogi gitu deh. Awalnya memang beliau bilang kalau beliau ga suka diganggu ketika ngajar, apalagi saat pelajaran baru dimulai, dan akhirnya ngasi2 contoh-contoh yang patut ditiru ketika seseorang harus menghormati orang tua disaat kondisi-kondisi genting kayak kebelet pipis mungkin, ahhahahahaakz. ada cara-caranya gitu... tapi ga inget lagi saya. maklum saya pelupa. :P (padahal tadi pagi)

Yang bener2 saya ingat obrolan dan bincang2 sama dosen rada cerewet ini adalah saat ada satu mahasiswa yang datang telat. Sambil menghela napas, beliau mempersilakan mahasiswa yg datang telat itu masuk lalu mengambil kursi dan meletakkan kursi rada ke depan, bukan rada tapi emg terlalu ke depan banget, halah. "mungkin kita harus ngasi tempat duduk spesial buat calon pejabat kayak si ganteng ini" sambil nepuk2 bahu mahasiswa telat datang itu.

See? dapat apa makna di balik kalimat bapak itu? Gw bingung awalnya, gw pikir bapak itu nyindir anak yang telat dtg itu, tapi kenyataannya emg iya... hahahaha... preeett...!
"kalian tau ngapa pejabat itu sering datang telat tiap ada acara-acara?"
"ga tau, pak... kenapa pak?!" serentak kami menjawab
"karena pejabat itu maunya dikenal banyak orang, dipuja-puji ribuan orang, diagung-agungkan setiap orang biar tiap dia datang telat kita berdecak kagum dan bilang 'ohhh... itu ya pejabat yang baik hati itu....' " kata dosen saya itu.
hahahahhahaha, semua orang langsung ketawa, termasuk anak dtg telat itu, haakz.

Dosen saya itu bilang, "secara tidak langsung, kita menghargai keterlambatan seseorang yang seharusnya melayani masyarakat dan bukan dilayani"
JGEEERRR... semua orang terdiam, termasuk saya. Bener juga yang dosen saya ini bilang. Kita yang sejatinya membenci sebuah keterlambatan, dan ketika dibawa pada kondisi mengikuti perjamuan seorang pejabat yang telat datang, kita malah mengiyakan dan menerima tanpa bertanya kenapa seorang pejabat itu telat datangnya. (nerima aja gitu...)

"Kalau ga mau jadi pejabat yang kayak gitu, kalian harus ngubah diri kalian dari sekarang, jangan suka datang telat, jangan suka nyantai aja kalau masuk kelas walaupun telat semenit, sekecil apapun tetap itu namanya telat, dan jangan ganggu saya kalau lagi ngajar!" kata dosen saya. "kamu mau jadi pejabat, ya?" dosen saya itu ngomong ke mahasiswa dtg telat tadi. hahahahhaa.... bapak...bapak.. pinter!!!

19 komentar:

  1. waalaikumsalam..

    keren dosennya..

    tapi mau pejabat, mau bukan kek, emang udah sebaiknya kita gak boleh terlambat.. kalu bukan kita sendiri, siapa yg memulai tepat waktu? iya gak? hehehe (padahal aku sendirinya masih suka telat hehe)

    salam semangka!

    BalasHapus
  2. lame kite tak jumpe. keboo juga pernah punya dosen yang suka cerita..
    nanti keboo ceritain di kndang dah, weleh2

    BalasHapus
  3. Walaikumsalam ....

    Gue juga punya kecenderungan untuk telat tiap ada acara (kecenderungan lho ya ? bukan selalu ;P) tapi koq sampai saat ini jadi pejabat kagak, terkenal juga kagak ? the point is keterlambatan gue useless ya ? hahaha ! nice worklah buat post barunya fer *wink*

    BalasHapus
  4. Wa'alaikumsalaam Wr. Wb.
    Dulu, waktu aku telat 5 menit, temenku langsung nyerocos gini, "kamu kayak birokrat aja, telatan." :D

    BalasHapus
  5. dosennya keren euy.

    setuju sama tian. semuanya dimulai dari diri sendiri, dari sekarang. hal2 kecil kayak gini justru penting utk membentuk karakter lho. yah, walo saya masih suka telat *untung ga potong gaji, LOL*

    salam buat pak dosen. klo ada, minta fesbuknya dong. *minta dibakar*

    BalasHapus
  6. @mascep = setuju! mulai dari diri sendiri, misalnya kalau ada kumpul reuni, kita hrs datang telat, kalo ga bisa dihajar masa... hahahaha...

    @kebookyut = iye... lame tak jumpe ye kite... hahaha... iya, ntr cerita jg ttg dosen2nya... :)

    @bang aye = hahahaha, aku jg donk klw gitu, suka telat tapi ga terkenal2 juga, cape deeehh.... :P makasih udh komen, bang....

    @mbak Sari = wuahahahaha, temen mbak berarti sama dgn dosen aku tuh... hihihihihi

    @masmul = jiaaaahhahaha,, koleksi dosen di fb ya, mas? wkwkwkwk. ga tau aku apakah si bapak ada fb atau ga, kayaknya ga deh, udh tua, haha :)) eh ga dink, belum terlalu tua...

    BalasHapus
  7. *nyengir dolo fer, kamu ngilang kemana ?!, lagi ngambek ama blogmu tha, nulis juga ngga aktif, sedih, prihain melihatmu fer, hahahah sok :-P, kalo gtu aku mau jadi pejabat aja deh, biar cepet terkenal kehehe

    BalasHapus
  8. btw, bukan kamu kan fer mahasiswa itu hihiihih

    BalasHapus
  9. salam buat si dosen,, aduh,, udah dulu yak,, udah terlambat ni.

    BalasHapus
  10. iya fer pinter banget dosen kamu itu. cerdas! bikin saya merenung..

    BalasHapus
  11. Kumsalam... Hmmm, berarti aku blum pantas jadi pejabat ne,krn menurut pak dosen pejabat itu kan suka datang telat. Aku ontime bangged... Tapiiii,pak dosen bener juga ya,orang datang telat berarti lbh pede,krn pastinya dia bakal diperhatikan seisi ruangan...

    BalasHapus
  12. waalaikumsalam..

    wah saya mau bgt tuh dibimbing ma dosen seperti itu..bisa berbagi pengalaman..sepertinya enak diajak berdiskusi and ngobrol secara luas..

    BalasHapus
  13. jiahaha.. kok tw aja bro.... jgn2 loe ada apa2nya dgn Andie...?
    hehhehhe

    BalasHapus
  14. @inuel = iya, aku keasyikan di twitter, nuel, hihihihi, jadi mulai bulan ini aku akan coba hidupin blog ini lagi, doakan ya, nuel... ^_^

    @nyun nyun = hahaha, bukan lah, bukan aku... serius!

    @mas Ayas = sana-sana, ntr dikira pejabat lagi, haakz :P

    @Anyin = hehehehe, makasih nyin... :D

    @nanan's note = jiahahahaha, narsis ya... hahahahaha.... aku mau donk jadi orang yang ontime...

    @sigit purwanto = iya, dosennya keren,,, aku jg seneng :)

    @pekanbaru daily photo = hahaha, kan dulu saling bls2an tweet... hehehe

    BalasHapus
  15. Kasih tahu pak dosen ya, aku tuh gak suka telat. Sungkan kalau ditunggu banyak orang soalnya.

    BalasHapus
  16. Jadi ngebayangin gaya pak dosen waktu memberikan 'petuah' di depan kelas nih ^_^

    BalasHapus
  17. bener tuh cerita ttg pejabat
    mau terkenal, mau dihormati
    tapi tak mau mengenal org
    tak mau menghormati org

    BalasHapus
  18. @catatan kecilku = good... good... =) aku juga... hahaha

    @the others = *ngebayangin bareng*

    @attayaya = bener banget kan, bang... huh!

    BalasHapus
  19. Dosennya gaol getoo
    pasti keren, enak diajak ngobrol dan ngertiin mahasiswa

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...