5.26.2009

Autisme dan Gejala Awalnya

Autisme diklasifikasikan sebagai ketidaknormalan perkembangan neuro yang menyebabkan interaksi sosial yang tidak normal, kemampuan komunikasi, pola kesukaan, dan pola sikap. Autisme bisa terdeteksi pada anak berumur paling sedikit 1 tahun. Autisme empat kali lebih banyak menyerang anak laki-laki dari pada anak perempuan.


Tanda - tanda Autisme
- tidak bisa menguasai atau sangat lamban dalam penguasaan bahasa sehari-hari
- hanya bisa mengulang-ulang beberapa kata
- mata yang tidak jernih atau tidak bersinar
- tidak suka atau tidak bisa atau atau tidak mau melihat mata orang lain
- hanya suka akan mainannya sendiri (kebanyakan hanya satu mainan itu saja yang dia mainkan)
- serasa dia punya dunianya sendiri
- tidak suka berbicara dengan orang lain
- tidak suka atau tidak bisa menggoda orang lain


Penyebab Autisme Penyebab Autisme sampai sekarang belum dapat ditemukan dengan pasti. Banyak sekali pendapat yang bertentangan antara ahli yang satu dengan yang lainnya mengenai hal ini. Ada pendapat yang mengatakan bahwa terlalu banyak vaksin Hepatitis B yang termasuk dalam MMR (Mumps, Measles dan Rubella )bisa berakibat anak mengidap penyakit autisme. Hal ini dikarenakan vaksin ini mengandung zat pengawet Thimerosal, yang terdiri dari Etilmerkuri yang menjadi penyebab utama sindrom Autisme Spectrum Disorder. Tapi hal ini masih diperdebatkan oleh para ahli. Hal ini berdebatkan karena tidak adanya bukti yang kuat bahwa imunisasi ini penyebab dari autisme, tetapi imunisasi ini diperkirakan ada hubungannya dengan Autisme.

Gelaja autisme pada anak ternyata bisa terdeteksi sejak dini. Hanya saja anda harus peka dan jujur dengan tanda-tanda yang ditunjukan anak anda. Berikut beberapa tanda kemungkinan anak Anda autis:

Usia 2 - 3 bulan.
Diusia ini mestinya anak sudah bisa melakukan eye contact dengan orang yang ada dihadapannya. Waspailah anak anda jika pada usia ini cenderung tidak melakukan eye contact dengan orang lain terutama ibunya.

Usia 3 bulan .
Pada usia 3 bulan seharusnya anak sudah bisa merespon anda dan suara anda, paling tidak dengan sedikit tersenyum. Anda harus wapada jika ternyata si kecil cenderung cuek dan tanpa reaksi dengan anda dan suara anda.

Usia 6 bulan.
Di usia ini biasanya anak sudah bisa diajak bercanda dan tertawa. Jika anak anda cuek bahkan tidak tertawa dan tidak memperlihatkan ekspresi senang diwajahnya saat berinteraksi, waspadailah gejala ini sebagai gejala autisme.

Usia 8 bulan.
Di usia ini biasanya rasa ingin tahu anak sedang tinggi, ia akan ikut menoleh kearah dimana anda mengalihakan pandangan dari dirinya ke tempat lain. Jika hal tersebut tidak terjadi pada anak anda secara berulang-ulang, ada kemungkinan anak anda menapakan gejala-gejala autisme.

Usia 9 bulan.
Saat sikecil memasuki usia 9 bulan, biasanya mereka sudah mampu berceloteh dengan kata-kata sederhana, atau paling tidak bergumam tak jelas. Jika pada usia ini anak anda lebih pasif dan enggan berceloteh, waspadai sebagai gejala autisme.

Usia 12 bulan.
- Anak usia 12 bulan sudah mulai memiliki pengenalan akan dirinya, terutama namanya. Ia akan menoleh saat anda atau orang lain memanggil namanya. Jika anak anda tidak menoleh atau malah cuek jika ada yang memanggilnya waspadai kemungkinan anak autisme.
- Di usia ini, anak seharusnya sudah bisa meniru bagian depan atau belakang ucapan orang lain, jika ia hanya diam bahkan tidak memberi respon dengan lawan bicaranya, waspadai anak anda autis.
- Anak usia setahun sudah mulai bisa diajak melambaikan tangan. waspadai pertanda autisme jika anak anda tidak peduli dengan ajakan anda melambaikan tangan, dan malah asik dengan aktifitasnya sendiri.
- Anak usia setahun akan melihat ke arah yang anda tunjuk. Hal tersebut menunjukan perhatiannya pada lingkungan sekitarnya. Jika anak anda cuek dan tak peduli dengan sekitarnya, waspadai tanda-tanda autisme.

Usia 16 bulan.

Anak usia ini mestinya sudah mulai berbicara sepatah dua patah kata. Jika anak anda masih enggan bicara, dan malah tidak peduli dengan orang lain yang mengajaknya berbicara, waspadai sebagai salah satu gejala autisme.

Usia 18 bulan.

Anak 18 bulan akan menggunakan jarinya untuk menunjuk sesuatu yang menarik perhatiannya. Hal tersebut menandakan sikecil sudah memiliki keinginan untuk mengkomunikasikan keinginannya, dan mencoba berinteraksi dengan orang lain. sementara anak autis cenderung enggan berkomunikasi dengan orang lain untuk mengutarakan keinginannya.

Usia 24 bulan.

Anak usia 24 bulan sudah mulai mampu menyebutkan satu atau dua kalimat dengan jelas dan teratur. Yang menandakan anak anda sudah siap diajak berkomunikasi dengan anda dan orang disekitarnya. waspadai jika anak anada cenderung sibuk dengan dunianya sendiri dan enggan berkomunikasi atau malah cenderung cuek dengan anda dan orang-orang disekitarnya.
Jika keadaan fisik anak terutama telinga dan mata terbukti normal, namun menunjukan tanda-tanda autisme diatas, jangan panik. Segera konsultasi ke dokter ahli terapi autisme atau psikiater anak, agar anak memperoleh sesi terapi yang membantu membuatnya terarah. Yang harus anda ingat autisme bukanlah penyakit, jangan pernah menganggap anak anda pesakitan hanya karena ia mengalami autisme. Sedikit perhatian dan penanganan dari ahlinya dapat membantu membuatnya lebih peka dengan keadaan sekitarnya, terutama dengan anda.

sumber = saya lupa.

nb : klw ga salah didpt dr blog bbrp org dan saya tarik kesimpulannya. Moga2 aja anak2 autis di indonesia cpt sembuh...

16 komentar:

  1. duh fer kenapa dikau posting ttg autis???? jgn buka rahasiamu sendiri fer,xixixi *kaborrrrr......*

    BalasHapus
  2. Dah pindah jalur ya jd blog kesehatan ??? Sepu2 ku da juga th yang kya gtu. Tp sekarang dah lumayan mandiri... Sedih kalu ktemu dia! Mav bru mampir.

    BalasHapus
  3. @ polar = kyaaa... Ga gw, weeek... Yg gw bhas kan ttg elu... Hahaha.

    @ ivan = gag tw van, kan blog aq gado2... Wkt tu aq lg ingt soal anak autis yg dbhas di trans7.

    BalasHapus
  4. broooooooo... minta jeruuuuk.....

    eh yaa.. folow balik yaaah... hihihihi

    BalasHapus
  5. membahas tentang autis niy....
    emang bisa yak anak autis itu sembuh.... tetanggaku ada juga yg terkena penyakit autis ini. dan aq ngerasa kasian banget.....

    BalasHapus
  6. salam kenal bro ^^

    nice post, thx buat infonya!

    BalasHapus
  7. sering anak autis dia nggap remeh,,padahal mereka amat sangat butuh dukungan buat sembuh!!
    semoga kita yang punya tetengga atau orang terdekat ,bisa membantu memberikan tempat yang sama dengan anak yang laen,saya sering menemui hal ini!!,
    lam kenal :)

    BalasHapus
  8. Assalamu'alaikum...

    Ferdy apa khabar? maap, baru singgah lagi. :)

    anyway, gimana kulnya? (keluar dari topik koment neh... hehehe...) Fer, template yang ini, lebih nyaman deh. seneng juga lama2 baca di sini...

    BalasHapus
  9. Salam kenal...i komeng u pollow yak...twenks

    BalasHapus
  10. @ rangga = hehe, seger kan jerukx? Makax sering2 maen ksni...

    @ vie_three = bisa vie, bs smbuh kok. Wkt t aq n0nt0n d trans7, dan wawancara lgsg sm mantan autis. Tp dgrin crtax sedih jg..

    @ ayas = slm knal juga.. ^_^ tengkyu jg ud k0men d bl0g ini. Seneng deh dpt tmn br.

    @ inuel = hu'uh, bnr. Mrka hrs dibimbing biar gag jd tmbh parah autisx..
    Lam knal jg.. Thx ud ksni..

    @ anazkia = wa'alaikum slm mbak, kbr q baik. Mbak gmn kbrx? Kul aq lancar..siap2 mw Uas neh. Doain y...
    Hehe..makasih ats pujian bwt template bl0g ini. Aq jg seneng liat bl0g q sndri. Hyahaha...

    @ sari = yoha, ntr gw follow. U f0ll0w gw jg y...

    BalasHapus
  11. @ afrizalc4 = hu'uh, drpd pinky b0y? Jijay bajai... Hahaha

    BalasHapus
  12. Go ferdi go ,go ferdi go!
    Semangat ya pak guru! Xixixixi

    BalasHapus
  13. keren nih postingannya!! ak pernah baca skripsi temen kost tentang anak autis...

    kasian ya...tapi ada loh anak autis yang berprestasi... jago lukis udah tingkat dunia...

    dulu bahkan si Messi dari Barcelona itu pernah dklaim jadi anak autis...

    BalasHapus
  14. org2 yg hobi di depan kompi berjam2 juga bisa kena gejala autis sementara lho.

    BalasHapus
  15. autis disini bukan autis beneran tapi kalo lagi asik di depan kompi kan suka lupa ama keadaan sekitar jadi mirip autis gitu.

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...