8.08.2009

Renungan

waktu khutbah jum'at baru-baru ini, si Khotib Jum'at ngasi ceramah yg bener2 menyentuh hati dan perasaan gw.
beliau nanya,
apa yang paling dekat dengan kita?
apa yang paling jauh dari kita?
apa yang paling ringan bagi kita?
apa yang paling berat bagi kita?
apa yang paling besar bagi kita?
apa yang paling kecil bagi kita?

ga semua jawaban dr pertanyaan itu yang gw ingat.
cuma yang paling ngena' adalah pertanyaan "apa yang paling dekat dengan kita?"
sebuah jawaban yg bener2 bikin gemetaran, yaitu : KEMATIAN.
how come? yeah, kematian. akhir dr hidup. kenapa? karena hidup kita di dunia ini adalah antara waktu Adzan dan Sholat.
masuk logika? masuk!
kita lahir ke dunia dan diadzanin sama orang tua kita, dan disholatkan ketika kita mati nanti.
bener kan kalau hidup kita itu antara waktu Adzan dan sholat?!
renungilah wahai saudaraku!!

jawaban untuk pertanyaan "apa yang paling berat bagi kita?" adalah Memikul Amanah.
yep, amanah yg dititipkan ke kita emang sulit untuk dijaga, dan dipegang sesuai dengan janji2 dr amanah itu sendiri... banyak para anggota DPR yang ga menjaga amanahnya, right?! banyak! tidak sedikit.

dua pertanyaan itu udh bisa bikin gw ngerti sama pelajaran tentang hidup.
that is it!

21 komentar:

  1. pertama ya???
    eh,,aku udah pernah dengar tentang pertanyaan kayak gini bulan ramadhan tahun kemarin. memang bener-bener menyentuh deh

    BalasHapus
  2. ehehe..ternyata bener yang pertama, hoorayy!!

    BalasHapus
  3. jadi gimana gitu abis baca ini

    BalasHapus
  4. @mbak Henny = aku salut lah sama mbak.. bisa BW terus ke blog aku, tapi aku malah jrg ke blog mbak... maaf ya mbak... tp, mulai skrg, ak hrs tiruin cara mbak neh BW kmn aja... biar byk temen..

    @nuarikha= jdi gmn apa hayo...

    BalasHapus
  5. wallahualam. serem gw baca bagian kematianny itu. tapi emang logis bgt. jarak antara adzan dan sholat, sangat singkat.

    BalasHapus
  6. Duh, lagi2 soal kematian...
    Serem dengernya...
    Tapi emang sih, itu yg paling deket ama kita...

    BalasHapus
  7. betuul banget mas.. KEMATIAN ... satu masa yang pasti kita lewati... only god just know that... lam kenal yah

    ____________________________________________________
    we are not only blogreading but we share about it..

    Rumah Idaman VS Rumah Impian

    met malem dan meet bobok
    salam cinta dan damai..
    hepy weekend !!!

    BalasHapus
  8. dan yg paling jauh itu masalalu kan?

    BalasHapus
  9. @mira = yoyoi,, sangat singkat... ngeri ya,,,

    @zippy = siapapun pasti ngalamin.. bener kaaan...

    @rumah idaman = salam kenal kembali mas....

    @joni = speechless juga aku...

    @melyn = iya-iya, baru ingt aku... makasih ya melyn...

    BalasHapus
  10. duh...mimpi apa ni om kok posting spt ini,jd mrinding deh blu ketekq :-D
    Makanya bruan tobat n pulang,kasian tuh anak n istri u d tnggal trus,hihi...

    BalasHapus
  11. Hahaha,akhrx ak bsa bw jg fer! Ehm bener bgt yah kata2 y kmu tulis. Kita hdup d awali dgn adzan dan d akhri dgn sholat. OMG, bgtu nyata d hati ku...

    BalasHapus
  12. Makin bijak aja nih.

    memang bener tuh, cukuplah kematian sebagai pengingat bagi kita.

    "sesungguhnya yang bernyawa itu pasti akan merasakan kematian" (QS ali imran:185)

    BalasHapus
  13. nice post, bener2 renungan....

    BalasHapus
  14. @Ari = jiaaahhh... yg berdiri kok bulu ketek seh... cape deh.... (-_-!)

    @ivan = ciee...begitu nyata di hatiku..... suit suit...

    @sapigenik = jalan2 kmn om?? ikuik ciek....

    @reyhan = iyo mokasih yo... dirimu baik sekali...

    @mas Fauzan = waduh,,makasih komentarnya mas,,, dikasi ayat sekaligus, keren.... great thankz...

    @ang = makasih,,,, ^_^

    BalasHapus
  15. kematian..
    kalo meninggal nanti, apa yang dibawa?
    berharap dapet akhir yang baik..

    BalasHapus
  16. kematian itu yg penting adalah dimana kita dan sedang apa waktu kita akan mati. apakah husnul khatimah atau gak?

    BalasHapus
  17. Yang paling jauh kalau gak salah masa lalu yah? ini dari kata-kata Al-Gazali yah? wallahu'alam.

    BalasHapus
  18. Semoga aku tak termasuk yg sok tahu..!
    Makasih renungannya ya...?!

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...