4.21.2009

Arti Sahabat dan lain sebagainya

gue nemu blog yg artikelnya keren bgd.
mgkn kali ini gue posting ulang apa yg ditulis sm siempunya blog itu...
apa yg dia tulis merupakan ungkapan dia dan gue jg setuju dgn apa yg dia tulis.
neh dia...

Sahabat. Apa sih arti dari sebuah persahabatan?? Ada yang bilang sahabat itu adalah teman yang benar-benar dekat sampai tahu hal-hal kecil tentang kita. Ada juga yang bilang sahabat itu kalau kemana-mana selalu bareng. Tetapi salah satu sahabat saya bilang, sahabat itu adalah teman dalam suka dan duka, tapi tahu batas dimana suatu saat ketika teman dapat masalah, kita harus membiarkan dia mengatasi masalahnya sendiri agar teman tersebut tumbuh lebih matang dan mandiri.


Terkadang saya dengan enteng menyebut, dia itu sahabat saya. Tapi ketika ditanya ini itu tentang sahabat saya yang berhubungan dengan keluarga, pendidikan dan lain-lain, saya bingung jawabnya. Dari situ saya mikir, apa saya ini sahabat yang baik? Apa saya pantas disebut sahabat? Karena saya menganggap sahabat adalah orang yang bisa melihat kita dari hati ke hati, bukan karena tampang, materi, latar belakang, pendidikan dan lain-lain. Karena itu saya memang jarang menanyakan hal-hal yang berbau privacy ke sahabat-sahabat saya. Saya lebih sebagai pemberi masukan dan penerima keluh kesah sahabat-sahabat saya. Bukannya saya orang yang nggak peduli dan nggak mau tau, tapi menurut saya persahabatan bukan dinilai dari sedalam apa kita tau tetek bengek orang tersebut, melainkan sedalam apa kita memahami orang tersebut. Saya sudah ngerasain pahitnya persahabatan ketika saya bilang dia sahabat saya, ternyata dia hanya memanfaatkan apa yang saya punya dan lain-lain. Ketika saya sedang jatuh, dia malah meninggalkan karena merasa ga ada yang bisa diberikan oleh saya.


Cuma segitu arti persahabatan ??
Suatu hari saya meyatakan A adalah sahabat saya. Ketika A ditanyakan, siapa sahabat kamu, A menjawab B, C, D, namun tidak menyebutkan nama saya. Dari sini saya mencoba memikir ulang. Apakah saya bukan termasuk sahabatnya? Apa saya bukan sahabat yang baik? Hal ini sering terbesit dalam pikiran saya Teman saya banyak. Saya pergi dengan teman-teman yang berbeda. Namun apakah mereka adalah sahabat saya? Karena terkadang teman untuk hang out berbeda dengan sahabat.

Ada seorang sahabat saya mengirim sms pernyataan, “Saya nggak berharap untuk jadi orang yang terpenting dalam hidup kamu, itu permintaan yang terlalu besar. Saya cuma berharap suatu hari nanti kalo dengar nama saya, kamu bakal tersenyum dan bilang, dia sahabat saya.” Damn! Itu benar-benar merasuk ke hati saya. Itulah kata-kata yang saya cari. Saya nggak perlu menyebutkan siapa-siapa aja sahabat saya, because you know who you are. Buat saya, sahabat adalah orang yang menganggap saya sebagai sahabat. Kita tidak perlu nyebutin sahabat saya adalah A, B, C, D, E. Karena 1 nama saja terlupakan, orang itu pasti akan sedih. Begitupun sebaliknya. Kalo sahabat kamu menyebutkan nama-nama sahabatnya namun lupa untuk menyebutkan nama kamu, kamu pasti sedih. Karena itu saya cuma bisa dibilang orang-orang yang merupakan sahabat saya adalah orang-orang yang menganggap saya sebagai sahabat.


Berikut adalah kutipan pernyataan dari seorang sahabat:
Seorang teman tetap memberi ruang gerak pribadi, privacy sebagai seorang manusia. Dan kita akan berasa deket dengan dia walaupun ga ketemu dan ga kontak dalam waktu yang lama. Karena pertemanan itu pada dasarnya dari ikatan hati. Ga bakal ilang walaupun dimensi jarak memisahakan kita. Kita harus mengkui bagaimanapun juga kita ga bisa menghilangkan dia dari hati kita. Dan tanpa teman, kita ga akan seperti sekarang ini.


Nb:
(maaf yg sebesar2nya krn gue gag ijin ngopy-paste isi blog mbak... tp tOP bgd, mewakili gue bgd!)

= gmn mnrt kalian tulisannya?? bagus kan...

9 komentar:

  1. Ya iyalah bgus, tp knpa hrus kau sikat postian org?? Aku punya shabat yg palingg brarti cma 1 dan kita bru nyadar d thun k 6. Aneh tp nyata? Kita saling takeandgive.. Dan yg penting tdak saling menuntut,bebas,tp satu jiwa... Shabat perlu dbuktikan bertahun" agar kita mrasakan ini tulus persahabatan... Skrg dah 9 thun aq dan dia brsahabat... 1/4 hdup ku d bntu olehnya!! Ferdi punya shabat brp??

    BalasHapus
  2. ya van, aq lagi buntu gag dpt ide... pas nyari di google, dpt artikel yg "aku bgd!"

    hmpir sama sama ivan, gw sahabatan udh hmpr 8 tahun sm dy. take and give. main, makan, tidur, hangOut, beli baju, nonton film-film, ngetawain org, mgkn hmpr semua kegiatan sehari2 prnh gue lakuin sm dy bareng.
    yep, 1/4 hidup gw jg dibantu oleh dia... Thanks God gue udh dpt sahabat kyk dia..huhuhu...
    -jd sedikit melow-

    thx van...
    gue surprise dpt komen langsung bbrp jam setelah posting ini, dan itu dr loe...

    BalasHapus
  3. Kan blog lu dah aku follow,jd d dasbor ke bc tuh new posting!! Follow blik jg dong,br lu makin exis... Iye, nti aku salam kan...Skrg dia lg melancong d surabya... Makasih ucapan B'day ya! Nti kalu Bday d posting ya!!!

    BalasHapus
  4. babab...babab... hehehe

    jeng tulisannya keren...(mbaknya)

    iya tuh...

    BalasHapus
  5. beb..
    OMA, artikelny kita banget. Makasih untuk semuanya selama ini ya.
    aku kangen banged m km..

    aku harap, kita selamanya akan kaya gini..
    uuuh, jadi melow goeslow nih aku.

    BalasHapus
  6. tulisannya bagus

    berbakat tuh

    BalasHapus
  7. hmmmmhhhhh, sahabat ya?
    satu hal yang buat gw penting banget, tapi ga tau artinya apa...
    yang gw tau, sahabat ya temen...
    ga ada bedanya...
    postingan ferdy malah bikin au jadi tambah bingung...
    tapi bagus uga tuch...

    BalasHapus
  8. Untuk si'auau gembel sahabat mah beda ma teman.. Coba dah u bedakan, kalu msh ngrasa sama aja. Brarti lu blm pnya feel nya...
    Buat ferdi, msh blm dpt ide? Coba dah u kumpulkan hal" yg menarik dalam hdup mu yg bisa buat bahan pembelajaran yg ngbaca blog lu.. I believe u cant write again.... Nah nti kalu dapat d bgi dah tuh ke blogger... Dapat pahala dah kmu. Keep spirit and yakin kmu bisa...uda, ambo pamit dulu yo..(dah bener gak tu bhs padang yaa?xixixi)

    BalasHapus
  9. #ivan = aman tu... kalo aku b'day, bakal aku posting. tapi februari taun depan... hahaha..

    #kecebong error = syp yg keren? mbaknya?? kalo gue cakep donk... bwahaha,.,.,

    #foreverma = iya makanya, artikelnya tu mewakili kita bgd!
    i miss u too, beb...
    semoga persodaraan kita ttp utuh wlw jrak memisahkan kita -halah-

    #antaresa = makasih udh singgah k blog aku... aku msh amatiran,bro... mohon bantuannya ya...

    #si'auau gembel = beda donk,au... temen tu lain dr sahabat. sahabat tu ada di situasi apapun, mw saat kita di atas, mwpun saat kita jatoh. u Got it, au?

    #ivan = eh, nongol lagi... =D
    tengkyu semangatnya,van!!

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...