9.17.2008

Sinetron Ramadhan.

Gue sekarang lagi pengen bicarain masalah sinetron ramadhan yang lagi menjamur di stasiun televisi manapun. Ntah berapa banyaknya, gue malez aja ngitung. Pada umumnya ga bermutu. Cuma ada beberapa sinetron yang gue akuin sangat2 penuh dengan makna dan pelajaran yang dapat kita ambil setelah nonton sinetron itu.


Mulai dari gue SMP, sinetron favorit gue adalah LORONG WAKTU yang ditayangkan di SCTV. Mulai dari Lorong waktu 1-6 ga pernah lupa gue tonton. Sinetron ini lain dari pada yang lain, tiap2 episode beda2 subjudul yang disajikan. Kalau udah mau2 jam 4 sore, gue pasti udah siap2 buat duduk di depan tv. Haha….


Trus, beberapa tahun berikutnya, sinetron ramadhan yang gue juga suka, judulnya SURGA DI TELAPAK KAKI IBU. Para pemainnya Desi Ratnasari, Nia Ramadhani, trus adjie masaid *kalau gue ga salah*. Itu cerita sangat2 menyentuh. Ga bisa gue ungkapin dengan kata2. pokoknya ga lupa gue sama sinetron satu tu. Nia ramadhani yang aktingnya jadi anak bisu dan jadi calon pelukis handal. Desi Ratnasari yang boleh dibilang aktingnya ga perlu diragukan lagi. Uuhggh!!! Maknyos deh!!!


Nah, lanjut tahun berikutnya, ada HIKMAH. Pemainnya Tamara Blezynsky, Teuku Ryan, Gunawan, Dimaz Andrean. Dari Hikmah 1 sampai3 gue suka. Ceritanya ga mulu2 tentang cinta, kesabaran. Malah kalau dibilang sedikit tentang itu. Ceritanya berkisar seputar permasalahan keluarga. Mulai dari Adrian (Teuku Ryan) yang suka sama Ana (Tamara B) yang ga disetujui dengan mamanya Adrian (Neni Triana). Gimana perjuangan Adrian mendapatkan cinta Ana sampai mereka menikah ga pernah ada yang mulus, selalu datang masalah demi masalah. Pamannya Adrian (Piet Pagau) adalah orang yang sering menghasut mama Adrian untuk menyingkirkan Ana dari keluarga besarnya.
Itu Hikmah 1.
Hikmah 2 pun ada kelanjutannya. Di season 2 ini sedikit masalah cinta yang diangkat oleh sutradaranya. Kepulangan Arman (Gunawan) dari Amerika menjadi penghalang dalam rumah tangga Adrian dan Ana, karena Adrian cemburu dengan kakaknya. Adrian merasa Ana lebih dekat dengan Arman ketika sedang ada masalah. Namun semua berakhir ketika Arman menikah dengan gadis yang licik (gue lupa namanya) Eva. Si Eva ini sangat berambisius untuk mengambil semua harta kekayaan milik keluarga Arman. Disini masalahnya sangat kompleks. Susah buat gue certain. Panjang banget.
Hikmah 3 lanjut tahun berikutnya. Hikmah 3 ga ditayangkan di RCTI lagi, tapidi INDOSIAR. Masih banyak peminatnya gue rasa saat itu. Pemerannya masih sama dengan Hikmah2 sebelumnya. Masalah yang muncul di hikmah ini adalah pada Adit (Dimaz Andrean) anak bungsu dari mamanya (Neni Triana), adiknya Arman dan Adrian. Nia Ramadhani muncul di awal. Dia pacaran sama Adit sejak mereka kuliah di luar negri. Tingkah Nia (gue lupa nama perannya) sangat tidak bermoral,kasar, egois. Dia sok berkuasa di tengah2 keluarga Adit. Padahal dia Cuma numpang di rumah Adit. Sampai saat Nia hamil di luar nikah oleh Adit. Adit berkilah, Nia syok. Sadarlah si Nia tu jadinya. Haha….Pokoknya Hikmah top abis deh!!!


Ada lagi sinetron Ramadhan yang menurut gue juga keren. Judulnya DEMI MASA. Ada Dedi Miswar, Teddy Syah. Ceritanya seru, kocak abis, banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari situ. Kalo ga salah sih tentang si teddy syah orang kaya yang ingin mempelajari ilmu agama pada dedi miswar. Gitu lah pokoknya. Ada sedikit romansanya ala pedesaan, secara syutingnya di pedesaan di mana gitu… bagus deh buat yang pengen cuci mata dengan hijau2an. Pemainnya top deh.


Tahun demi tahun berlalu. Sampailah pada tahun 2008. huh… ga banget deh sinetron2nya… gue malez nyebutin judulnya. Yang gue suka banget ada dua judul sinetron.
Ada Rinduku CintaMu di SCTV, tayang jam 10an malam. Pemainnya ada mbak Novia Kolopaking lho… udah lama banget doi ga muncul di dunia persinetronan. Ada Happy Salma, ada…. *lupa gue…* siapalah namanya cowok tu ya..???!! dia yang main di film Nagabonar jadi 2 yang jd tukang bajaj tu ha… kenapa gue sebut sinetronnya keren, karena baru aja gue nonton sekilas, dakwah yang disampaikan olehnya tu berassa banget. Bercerita tentang sebuah keluarag yang harmonis yang terdiri dari ayah (si tukang bajaj dalam film Nagabonar) dan ibu (novia Kolopaking) dan sepasang anak yang baik hati. Sang ayah bekerja sebagai pekerja di kebun2 gt deh, sedangkan si ibu sering menerima tawaran untuk jadi tukang masakin orang2, istilahnya catering. Trus, si Happy Salma ini berperan sebagai nyi Saodah yang kaya raya. Ternyata katanya dia mantan pacarnya suami dari novia kolopaking itu, dan sampai sekarang masih suka, masih sering curi2pandang.
Tapi gue ga bisa ngasi komentar yang lebih lagi, kan sinetronnya belum kelar, baru jalan seminggu lebih. Haha…


Trus, yang ke dua ada Dimas dan Raka yang tayang di Global TV. Ini sinetron GUE BANGET deh!! Keren mampus!! Gue tunggu2in mainnya. Mainnya jam 9 malam, jam gue pulang taraweh bgt tu… kadang gue kesal sama ceramah ustadz yang lamanya minta ampun. Kan jadi lama tarawehnya, trus jam 9 lewat baru pulang. Jadi ga dapet awalnya tuh. Sering gue tuch. Walau siangnya ada ulangannya, tapi gue kan kuliah. Bete lah. Tapi bete gue tu ilang kalau nonton sinetron ini. Ntah kenapa. Liat pemerannya hebat2. ada Raffi Ahmad sebagai Raka, ada Tarra Budiman sebagai Dimas. Kakak beradik yang sedang melakukan perjalanan dari Jakarta ke Yogya hanya menggunakan sepeda motor. Tujuan mereka ke rumah omanya. Tiap episode beda2 subjudulnya. Keren!!! Ga mulu2 cinta. Masak sinetron2 yang lainnya bnyk cinta2an. Aneh!!!!
Tiap episodenya mereka berdua dapat pelajaran yang berharga dari perjalanan panjangnya. Dimas yang naksir sama cewek buta tapi alim banget, sampai2 Dimas mau berubah dari yang ga puasa dan ga sholat jadi 180 derjat. Tapi nasib berkata lain, cewek tu umurnya pendek karena kelainan jantung. Sedih banget pas nonton yang itu. Dimas sampai marah2 sama Allah, bilang kalau Allah tu ga adil. Tapi Raka sebagai kakak menasehati. Raka adalah orang yang bijaksana, dewasa dan mandiri. Ga kayak Dimas yang selalu memperlihatkan keegoisannya kalau lagi ada masalah. Raka juga pernah suka sama cewek dalam satu episode, dia suka sama cewek motor yang akhirnya tobat dari genk motor balapnya gara2 Raka memberi nasehat yang top banget.


Ga cuma kehidupan sehari2 yang mereka paparkan, tapi pelajaran yang bisa diambil itulah yang mestinya kita terapkan dalam kehidupan sehari2. Bukannya gue promosiin sih, tapi emang itu kenyataannya, opini gue ini, kenapa emangnya/?? Dari sekian banyak sinetron Ramadhan 2008 dari berbagai stasiun TV, ternyata tahun ini ada dua yang gue suka. Rinduku CintaMU dan Dimas dan Rakalah yang mencuri perhatian gue. Sampai gue bela2in tidur tengah malam. Hahaha…. Tengkyu buat yang udh nayangin. Semoga di tahun depan ada sambungannya, amin…..

6 komentar:

  1. hayyaaw..

    gw baru tau lo demen nonton sinetron hhahahhaa...

    BalasHapus
  2. Bro...w mau nNya...

    ada gak sii video bwt nntn Lorong waktu dr 1-5,n surga di telapak kaki ibu..w pngen bgTz nntn lg neH...n ost lorong waktu juga bro yang puji syukurku..
    thanx sHob,w tgu jwbn'a keY...
    My E-Mail "BonggieOwners@yahoo.co.id

    BalasHapus
  3. soundrack sintron "surga di telapak kaki ibu" itu apa judul dan siapa penyanyi nya ya, saya suka lagu itu, mw download tapi gak tw judul dan penyanyi nya, liriknya juga gak hafal lagi,,,
    kalo tw, mohon kabari k email saya ya,
    JIska70@joblog.web.id

    BalasHapus
  4. hihi saya dulu juga suka nonton Hikmah 1 - 3 sama yg Anjasmara main sama El Manik apadeh judulnya lupa. Surga di Telapak Kaki Ibu juga bagus soundtrack nya. :)

    BalasHapus
  5. ada yang punya film "rinduku cintaMu"? saya udah lama nyari belum ketemu juga.

    BalasHapus
  6. ada yng sudah tau film hikayat penggembara aktor nya dedy mizwar.aku cari di you tube kok gk ada

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...