10.29.2009

CCNA oh CCNA...

Mata kuliah jaringan komputer seharusnya jadi mata kuliah yg gue suka. Kerjaannya ga begitu repot karna cuma mengkonfigurasi ini dan itu, colokin kabel straight atau crossover ke komputer, atur firewall dan segala macamnya, dan ini itu untuk menjadikannya terkoneksi ke jaringan, dan bla..bla..bla… tapi gue ga bisa ngerti sama mata kuliah satu ini, entah karna dasarnya gue yang ga ngerti, entah gue yang ga berbakat dalam jaringan komputer.

Semester ini gue belajar mata kuliah CCNA (Cisco Certified Network Associate), kelanjutan mata kuliah dari jaringan komputer itu. Makin ke sini gue makin kayak benang kusut, bener2 ga ngerti apa yang sedang gue pelajari. Oohh Tuhan, padahal kalau gue bisa menguasai mata kuliah ini, ini bisa jadi pegangan gue di masa depan. Masang jaringan itu biayanya ga murah lho. Kalau dapat proyek untuk masang jaringan di sebuah kantor, pasti uang yang bisa dikantogin bisa berpuluh-puluh juta. Bayangkan betapa cepat kayanya seseorang jika menguasai seluk beluk tentang jaringan. Damn! Pengen deh gue ngulang belajar sendiri dari dasar untuk bisa ngerti jaringan komputer ini. huhuhuhuhu….

Dosen mata kuliah CCNA gue juga ga banget. (maafkan aku pak, jika Bapak baca blog saya). Ga banget gimana coba, ngajarnya cuma duduk di depan komputer dosen, dan sharing modul ke masing-masing komputer labor mahasiswa. Gila, mana modulnya bahasa inggris semua, kacau dah. Sibuk ngartiin modul satu bab aja bisa sejam, belom jawab pertanyaan yang ada di modul itu. Nah, abis itu, si dosen enak2an di depan sambil liat layar laptopnya. Oiya, perlu ditekankan, dosen gue ini ga pernah menerangkan sama sekali. Kalau kita bilang “bapak ga pernah menjelaskan apa-apa, gimana kita ngerti, pak?!”, beliau Cuma jawab “kalian kan udah belajar jaringan komputer semester terakhir, kan?! Nah, CCNA ini sama aja sama jarkom itu”. huh, mau dijawab salah, ga dijawab rasanya ada yang mengganjal gitu. Hakz.. hakz.. hakz..

Rasanya kalau udah pulang ke rumah, ga ada ilmu yang gue dapat dari mata kuliah CCNA ini. pergi kuliah dgn kepala kosong, pulang kuliah ttp kosong. Ya Allah, apa yang harus hamba lakukan….??

28 komentar:

  1. soree..semangat pasti bisa deh mengingat pelajarannya

    BalasHapus
  2. askum..
    That's a lesson learning my lil bro..
    There's no gain without pain. Gak ada orang yang tiba-tiba menguasai suatu hal tanpa mempelajarinya.. But I'm sure you can pass this test, regarding how much your interest to this subject ( u have told me before hehe)..

    One thing you should do is: realise that everything comes by process. Nothing comes suddenly. Sama seperti saya yg sudah belajar akuntansi 3 tahun lebih tapi gak jago2 juga haha.. Doa dan usaha is a must (sounds cliche ya? But it's true ehehe).. Yah, sort of that thing lah. Pokoknya jangan pesimis dulu dengan apa yang akan dihadapi.

    Salam syuuppeerr! Saya bangga pada Anda!

    see ya, saatnya saya mengerjakan midtest. Dosennya sudah datang hakz. Wismilak, lil bro! :)
    Wskum

    BalasHapus
  3. Semoga nilainya gak kosong ya.. hehe

    BalasHapus
  4. Oyeah...
    Kalau belajar IT, atau jaringan, atau apalah itu namanya... modalnya banyak praktek aja gan, belajar sambil langsung di praktekin satu2 bro.. #sotoy ahaha...

    Tapi begitulah pengalamanku gan, dari belajar otodidak, jadi ngerti dikit2..
    Pokoke, semangat ajah dah...!!!

    BalasHapus
  5. Hai fr. Ak kelimaxxx nieh. Uhhu ohh

    BalasHapus
  6. Hai fr. Ak kelimaxxx nieh. Uhhu ohh

    BalasHapus
  7. Ak pikir kmu jgn ngarep penghasilanx dulu. Ikhlas ja belajar t jaringan kompi. Ak yakin kamu bisa... Dosen kya gt makan gaji buta aja. hai pak, kamu jahat skali sama teman ku ini. Beri mrka ksempatan bt belajar.

    BalasHapus
  8. Ak pikir kmu jgn ngarep penghasilanx dulu. Ikhlas ja belajar t jaringan kompi. Ak yakin kamu bisa... Dosen kya gt makan gaji buta aja. hai pak, kamu jahat skali sama teman ku ini. Beri mrka ksempatan bt belajar.

    BalasHapus
  9. oh no..aku juga nggak ngerti pelajaran itu. boro-boro CCNA, IT aja bikin semaput.hehehe

    BalasHapus
  10. hahahhaa
    gilaaaaaa
    ak bilang pertamax di urutana 9!!!!
    kentuuttt!!

    lambat banget nih flash!!
    cupuuuuu cupuu aaahhh

    BalasHapus
  11. sedih banget gan dapat dosen kayak gitu.
    emangat ya gan!
    untuk pinter itu butuh pengorbanan.
    nah, itu kan udah berkorban.
    pokoknya semangat aja deh.

    semoga hasilnya maksimal ya.
    amin.

    coba aja temen2mu gan tentang jaringan komputer ini.
    manatau ntar bisa ngerti.
    hehehe.

    BalasHapus
  12. semester sekarang emang puncak males ya. gw juga kuliah perasan gadapat apa2. buntuuuuu..

    BalasHapus
  13. watooo enak amat jadi dosen cuma duduk sambil buka laptop,maha siswanya suruh belajar sendiri

    BalasHapus
  14. makasih atas dukungannya ya, semua.... sangat terharu.... huhuhu... ^_^

    BalasHapus
  15. yang penting jangan menyrah dengan sesuatu dan tetap pelihara semangat terutama dalam belaja...

    semoga menjadi mahasiswa yang berprestasi...

    BalasHapus
  16. Kuliah tapi pas pulang berasa kepala kok kosong? Pernah banget tuh :P
    Mata kuliah statistik, blas aku ga ngerti hehehe

    BalasHapus
  17. uda fer pindah aja ke akuntansi jgn yg ribet2 :D

    BalasHapus
  18. padahal aku mu komen jelek karena bakalan di jampi2 kalo malem ga jadi ahh.. takutnya kamu salah jampi nanti malah jampi pelet yang kamu baca... bisa berabe entar...

    BalasHapus
  19. CCNA ya??? dari namanya aja susah hahaha...

    makanya dari SD sampe kuliah aku suka bgt pelajaran Bahasa Indonesia ga ribet...

    BalasHapus
  20. haduh, saya yakin juga gak mudeng itu pelajaran apa. tapi, iya betul. kamu harus bisa !!! harus jadi kaya!!!

    loh

    BalasHapus
  21. Waduw sob, kalo gue mah sama kayak lo...
    Cuma bedanya matkul yang sama sekali gue gak paham adalah mekanika fluida...
    Otak gue serasa mau pecah dibuatnya, wklwkwkwk...
    Dosennya juga gak paham bener tuh, ckckck...

    BalasHapus
  22. seberat itukah kuliah..? walau belum terjun, tetap menyemangati Uda! Semangat! Doakan juga biar ane masuk PTN ya!!

    BalasHapus
  23. belum mgerasain kuliah nih,,
    ayo semangat fer!!!! jalan masih panjang...

    BalasHapus
  24. salam blogger, lihat kategori award mu disini:
    http://andriecallista.blogspot.com/2009/10/1001-blogger-indonesia.html
    selamat ya atas awardnya.. ;)

    BalasHapus
  25. Itu, dosennya ditabok aja pake sepatu, biar tau rasa. Ngajar tp nggak pernah ngejalisin. Ditambah modul bahasa inggris pula, huek bisa keok tuh otak!
    Btw, lam kenal ya?

    BalasHapus
  26. jiyaaaahhhh parah dah tuch kalau sampe kayak gitu......

    BalasHapus
  27. coba cari senior, minta ajarin sama dia gimana?

    BalasHapus

silahkan dikomen.... jelek2 jg gpp...
ga marah kok, paling gue jampi2 ntar malamnya...
hahahaha...